Find Us On Social Media :

5 Alasan Mengapa Vaksin Influenza Kita Perlukan Setiap Tahun

Ada sejumlah cara untuk mencegah penularan virus, di antaranya mendapatkan vaksin flu setiap tahun.

GridHEALTH.id - Flu atau influenza adalah penyakit yang serius. Ini dapat menyebabkan rawat inap dan, kadang-kadang, bahkan bisa berakibat fatal.

Jutaan orang menderita penyakit ini setiap tahun dan puluhan ribu meninggal karenanya. Inilah yang membuat vaksin flu diperlukan.

Vaksinasi flu tahunan adalah cara terbaik untuk melindungi orang yang kita cintai dari influenza.

Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI., Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI), mengatakan, “Perlu diketahui bahwa imunisasi masih diperlukan saat seseorang menginjak usia dewasa.

Terutama di tengah situasi pandemi, pemberian imunisasi bertambah penting untuk melindungi populasi yang lebih baik dalam Covid-19.

Di antaranya vaksinasi flu yang merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi penyebaran virus influenza.

Terlebih lagi, vaksinasi influenza dinilai penting untuk mencegah timbulnya koinfeksi dengan infeksi virus Covid-19 yang dapat mengakibatkan komplikasi serius," katanya dalam Virtual Konferensi Pers Pekan Imunisasi Dunia 2022 (14/04/2022), kerjasama  Indonesia Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI) dan Sonofi Indonesia.

Selama pandemi Covid-19, WHO merekomendasikan vaksinasi influenza untuk populasi rentan seperti tenaga kesehatan, lansia, anak kecil, ibu hamil, dan mereka yang mengalami kondisi medis kronis tertentu .

Tidak hanya vaksin flu, sangat penting untuk masyarakat agar tidak melupakan pentingnya pemberian imunisasi rutin lain untuk dewasa, seperti Hepatitis A, Hepatitis B, Meningitis, Tdap dan PCV.

Baca Juga: Setelah Mendapatkan Vaksin Covid-19, Setiap Orang Perlu Mendapatkan Vaksin Flu Setiap Tahun, Saran WHO

Baca Juga: Bersiap Menghadapi Persalinan? Kenali Dua jenis Obat Pereda Nyeri Saat Melahirkan

Vaksin flu membantu mengembangkan antibodi dalam tubuh. Antibodi ini memberikan perlindungan dari virus.