Find Us On Social Media :

Kenali, Tiga Jenis Vaksin HPV Mencegah Kanker Serviks dan Kanker Penis

Vaksin HPV dapat mencegah kanker serviks dan kanker penis.

GridHEALTH.id -  Kanker serviks sebagian besar terkait dengan human papillomavirus (HPV), infeksi yang dapat ditularkan secara seksual melalui paparan vagina atau oral atau anal dan juga melalui kontak kulit-ke-kulit.

Kanker serviks meningkat di seluruh dunia dan dapat dikurangi hanya dengan pemberian vaksin HPV.

Secara global,  usia puncak insiden kanker serviks adalah 55-59 tahun. Data terkini dari National Cancer Registry Program (NCRP) menunjukkan bahwa situs kanker yang paling umum di kalangan wanita adalah payudara dan leher rahim.“Vaksin HPV ditujukan untuk pencegahan kanker serviks dan karenanya vaksin harus diberikan pada usia 9-45 tahun, sebaiknya sebelum hubungan seksual,” kata Dr. Sravanthi Gadhiraju, Konsultan Ginekolog, Ahli Obstetri dan Ahli Bedah Laparoskopi, Rumah Sakit Yashoda, di India .

Dikutip dari laman Medical News Today, ada tiga jenis vaksin HPV yang tersedia secara global: bivalen, quadrivalent, dan 9-valent.

-  Vaksin HPV bivalen diberikan kepada anak perempuan dan perempuan muda berusia 9 hingga 45 tahun untuk mencegah kanker serviks, yang disebabkan oleh HPV strain 16 dan 18.

Vaksin ini dapat diberikan bahkan jika pasien dites positif HPV atau memiliki pap smear abnormal di masa lalu.

- Vaksin HPV quadrivalent melindungi terhadap infeksi yang disebabkan oleh HPV tipe 6, 11, 16 dan 18.

Strain 16 dan 18 bertanggung jawab atas 70-80% kanker serviks dan 6 & 11 bertanggung jawab atas setidaknya 90% kutil kelamin.

Baca Juga: Mengapa Pra-Remaja Penting Mendapatkan Vaksin HPV? Ini Alasannya

Baca Juga: Healthy Move, Kebanyakan Olahraga Malah Bikin Badan Jadi Gemuk

Vaksin ini dapat diberikan bahkan jika pasien dites positif untuk tes HPV atau memiliki pap smear yang abnormal di masa lalu.

Ini menunjukkan perlindungan 98-100% terhadap kanker serviks, kanker vagina vulva dan kutil kelamin.