Find Us On Social Media :

Healthy Move, Kebanyakan Olahraga Malah Bikin Badan Jadi Gemuk

Kelebihan olahraga bisa membuat tubuh malah jadi gemuk.

GridHEALTH.id - Olahraga teratur baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi bukan berarti kita harus melakukannya setiap hari atau berlebihan.

Sangat penting untuk memiliki hari istirahat di antara latihan untuk memungkinkan otot pulih dari kemungkinan kerusakan yang diderita selama latihan, dan tumbuh.

Beberapa penelitian juga menyoroti pentingnya hari istirahat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran yang baik.Istirahat dan pemulihan juga harus menjadi bagian dari program pelatihan kita. Istirahat didefinisikan sebagai periode waktu tanpa pelatihan dan biasanya sekitar 24 jam bagi kebanyakan orang.

Pemulihan, di sisi lain, dapat dibandingkan dengan istirahat sejenak selama latihan di antara ronde, yang berlangsung antara beberapa menit hingga berjam-jam.Istirahat dan waktu pemulihan di antara latihan dapat membantu tubuh beradaptasi dan memulihkan diri dari latihan sebelumnya.

Saat kita berolahraga, tubuh menggunakan energi yang tersimpan, terutama karbohidrat, dan cairan untuk memproduksi keringat.

Tubuh mendapat waktu untuk mengisi kembali simpanan energi ini selama istirahat dan pemulihan di antara latihan.

Menurut para ahli, dibutuhkan setidaknya 24 jam bagi tubuh untuk sepenuhnya menggantikan simpanan karbohidrat otot, yang penting untuk menjaga kadar gula darah yang stabil.

Baca Juga: Healthy Move, 9 Tanda Kelebihan Olahraga yang Perlu Diwaspadai

Baca Juga: Tips Memasak Sajian Berbuka dan Sahur dengan Wajan Anti Lengket

Namun, dibutuhkan hanya sekitar satu hingga dua jam untuk mengganti cairan yang hilang seperti keringat saat berolahraga.

Karena itu, tubuh  masih membutuhkan beberapa jam istirahat setelah berolahraga untuk menjaga hidrasi.

Hari istirahat juga dapat mencegah sindrom overtraining atau kelelahan, yang terjadi ketika seseorang melatih tubuh mereka di luar kemampuannya untuk pulih.