Find Us On Social Media :

Hewan Cerpelai Menurut CDC Tularkan Covid-19 di Amerika Serikat

Mutasi virus Corona ditemukan pada hewan cerpelai.

GridHEALTH.id - Setidaknya ada empat warga Amerika Serikat (AS) yang diduga terpapar Covid-19 dari hewan cerpelai.

Keempat kasus itu sendiri terjadi pada Oktober 2020, beberapa bulan sebelum Covid-19 meledak untuk pertama kalinya di China.

Kejadian ini pun menjadi contoh pertama yang diketahui dari kemungkinan penularan virus dari hewan ke manusia di AS.

Dalam laporannya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan dari empat warga yang terpapar mutasi Covid-19, dua orang adalah karyawan peternakan cerpelai Michigan.

Keduanya terpapar virus corona pada Oktober 2020 lalu.

Sementara dua oranglainnya, tidak memiliki hubungan dengan peternakan cerpelai.

Pemimpin Kantor Satu Kesehatan CDC, Dr Casey Barton Behravesh, mengatakan varian cerpelai diduga mungkin telah beredar lebih luas di antara penduduk daerah pada saat itu.

"Sampel virus yang dikumpulkan dari keempat orang tersebut mengandung dua mutasi yang telah dihipotesiskan oleh para ilmuwan mungkin merupakan tanda-tanda adaptasi terhadap cerpelai," ujarnya dalam sebuah email kepada The Straits Times, Senin (18/4/2022).

Casey menyebut hipotesis yang paling mungkin dalam menjelaskan kejadian ini adalah bahwa para pekerja terinfeksi setelah kontak dengan cerpelai di peternakan.

Baca Juga: Jelang Lebaran, 99,2 Persen Masyarakat Indonesia Punya Antibodi Covid

Namun, pihaknya belum dapat memastikannya secara jelas dan pasti.

"Karena hanya ada sedikit sekuens genetik yang tersedia dari komunitas di sekitar peternakan, tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti apakah mutasi tersebut berasal dari cerpelai di peternakan atau sudah beredar di masyarakat," tambah Casey.