Find Us On Social Media :

Deretan Penyakit yang Diungkap Lewat Mata, Kanker Hingga Diabetes

Mata dapat memperlihatkan kondisi kesehatan kita.

GridHEALTH.id - Kita sering mendengar bahwa mata adalah jendela jiwa, sebuh ekspresi yang benar-benar indah karena menggambarkan suasana hati yang sedang kita rasakan.

Maka itu, mata sangat berharga, dan menjaganya agar tetap sehat dapat berdampak besar pada kualitas hidup Anda.

Mata juga bisa menjadi jendela keadaan kesehatan kita. Banyak penyakit, yang bisa kita lihat sendiri tandanya dari mata, lainnya lewat dokter mata.

Dari kanker, tekanan darah tinggi hingga diabetes, mata dan penglihatan kita rentan terhadap banyak kondisi medis. Berikut adalah beberapa kondisi medis yang terkait dengan mata;

1. Suka memicingkan mata indikasi gangguan tiroid

Meskipun mata kita termasuk kategori mata yang bulat dan lebar, gangguan tiroid dapat menyebabkan kita tak sadar kerap memicingkan atau menyipitkan mata. 

Ini tidak hanya mengganggu, tetapi kita ngkin benar-benar memiliki apa yang disebut dokter sebagai exophthalmos, suatu kondisi yang mungkin merupakan gejala penyakit Graves, nama yang bagus untuk tiroid yang terlalu aktif.

"Sekitar 30% orang dengan penyakit Graves menunjukkan beberapa tanda dan gejala dari kondisi yang dikenal sebagai oftalmopati Graves," catat Mayo Clinic.

"Dalam oftalmopati Graves, peradangan dan peristiwa sistem kekebalan lainnya memengaruhi otot dan jaringan lain di sekitar mata Anda."

Baca Juga: Pengobatan Konjungtivitis Alergi, Penyebab Mata Gatal dan Berair

Baca Juga: Healthy Move, 4 Teknik Pernapasan untuk Menurunkan Tekanan Darah

Gejala mata lain yang terkait dengan penyakit Graves termasuk sensasi berpasir di mata, tekanan atau nyeri di mata, kelopak mata bengkak atau tertarik, mata memerah atau meradang, sensitivitas cahaya, penglihatan ganda, atau bahkan kehilangan penglihatan.