Find Us On Social Media :

Healthy Move, 4 Teknik Pernapasan untuk Menurunkan Tekanan Darah

Teknik pernapasan dapat menurunkan tekanan darah.

GridHEALTH.id - Istilah "tekanan darah" mengacu pada tekanan yang diberikan darah pada dinding vena.

Ketika seseorang didiagnosis menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, ini berarti kekuatan darah pada pembuluh darah terlalu tinggi, khususnya di atas 130/80 mmHg.

Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi termasuk merokok, diet asin, obesitas, stres, konsumsi alkohol berlebihan, dan riwayat keluarga.

Kegagalan untuk mengelola tekanan darah seseorang dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke, penyakit jantung, dan banyak kondisi lainnya.

Selain minum obat yang diresepkan oleh dokter, ada banyak cara untuk mengubah gaya hidup seseorang untuk mengelola kondisi ini.

Berolahraga, membatasi asupan garam, menjaga pola makan yang sehat, dan menghindari asap rokok dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Bagi mereka yang tidak dapat mengontrol tekanan darah tinggi dengan metode-metode di atas, teknik pernapasan lambat dan dalam dapat membantu, menurut beberapa penelitian. Teknik-teknik ini bekerja pada tingkat sel untuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Bagaimana teknik pernapasan itu bekerja? Sistem otonom mengontrol semua fungsi tubuh yang tidak disengaja seperti detak jantung, laju pernapasan, dan fungsi organ internal lainnya. Ada dua divisi dari sistem ini: sistem saraf simpatik dan sistem saraf parasimpatis.

Sistem saraf simpatik bertanggung jawab atas refleks "lawan atau lari". Ketika sistem ini diaktifkan, detak jantung meningkat dan pembuluh darah berkontraksi. Tindakan pencernaan menurun dan adrenalin dilepaskan.

Baca Juga: Contoh Menu Sahur Sehat Untuk Penyandang Tekanan Darah Tinggi

Baca Juga: Healthy Move, Memilih Jenis Olahraga Pasca Melahirkan yang Aman

Aktivasi sistem ini berguna ketika ada ancaman fisik yang nyata, namun karena banyak stresor dalam kehidupan kita sehari-hari, sistem ini terlalu sering diaktifkan.