Find Us On Social Media :

Studi: Rutin Makan Dua Porsi Alpukat Bisa Jauhkan Penyakit Jantung

Rutin makan alpukat dapat menjaga kesehatan jantung.

GridHEALTH.id – Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang penting, karena sakit jantung hingga saat ini masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Dalam studi yang dipubliksikan pada akhir Maret lalu, disebutkan bahwa makan dua buah alpukat dalam seminggu bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

American Heart Association (AHA), merekomendasikan untuk membatasi sekitar 5-6 persen kalori harian asam lemak jenuh dan menggantinga dengan lemak tak jenuh tunggal, serta lemak tak jenuh ganda agar jantung sehat.

Nah, lemak tak jenuh tunggal ini, bisa ditemukan dalam buah alpukat yang disukai oleh banyak orang.

Studi yang dipublikasikan di jurnal AHA menemukan, rutin mengonsumsi alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit jantung koroner.

Di studi ini, para peneliti melibatkan 62.225 partisipan wanita dan 41.701 sukarelawan pria yang tidak mempunyai riwayat penyakit jantung, stroke, ataupun kanker.

Kemudian catatan medis mereka diperiksa untuk memastikan tidak pernah ada kejadian yang berkaitan dengan penyakit jantung, serta faktor risiko lain seperti hipertensi dan diabetes tipe 2.

Untuk bisa mengumpulkan seluruh partisipan dibutuhkan waktu yang cukup lama, yakni selama 30 tahun.

Baca Juga: Teh Daun Alpukat Penurun Asam Urat, Mudah Dibuat, Begini Caranya

Dilansir dari Medical News Today, para peneliti pada akhir penelitian mencatat 14.274 kasus insiden penyakit jantung, termasuk 9.185 kejadian penyakit jantung koroner, dan 5.290 stroke.

Para partisipan pria dan wanita yang mengonsusmi asupan alpukat yang lebih tinggi, mempunayi asupan energi total yang lebih tinggi dan sehat.