Find Us On Social Media :

Jangan Diabaikan, Bau Mulut Bisa Jadi Tanda Fungsi Ginjal Menurun

Tanda-tanda menurunnya fungsi ginjal.

GridHEALTH.idGinjal merupakan organ tubuh yang penting, karena berperan membuang limbah dan cairan berlebih dari dalam tubuh.

Tak hanya itu, ginjal juga membuang asam yang dihasilkan oleh sel-sel dalam tubuh dan menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral.

Melansir niddk.nih.gov, ginjal juga menghasilkan hormon yang mengontrol tekanan darah, sumber warna merah pada darah, dan hormon yang menjaga tulang tetap sehat serta kuat.

Nah, jika fungsi ginjal terganggu, maka racun yang seharusnya dibuang kembali mengalir ke darah dan seluruh sistem di dalam tubuh menjadi bermasalah.

Untuk mengetahui apakah fungsi ginjal sedang bermasalah, penting untuk memerhatikan tanda-tanda berikut, dilansir dari WebMD.

1. Selalu merasa kelelahan

Ginjal menyaring limbah dari darah dan mengirimkannya keluar melalui urin. Jika fungsi ginjal terganggu, maka racun dalam tubuh akan menumpuk.

Salah satu tanda yang mudah terdeteksi yakni kelelahan dan sulit berkonsentrasi. Ini karena ginjal menghasilkan hormon yang memberikan sinyal kepada tubuh untuk membuat sel darah merah.

Jika hanya ada sedikit sel darah merah, maka suplai oksigen yang dihasilkan kurang dari yang dibutuhkan oleh otot dan otak.

Baca Juga: Buka Puasa dengan Air Kelapa, Bisa Cegah Batu Ginjal Hingga Memberi 4 Manfaat Kesehatan Lainnya

2. Kulit gatal-gatal

Kulit gatal-gatal bisa jadi tanda berkurangnya fungsi ginjal, karena racun tidak bisa dikeluarkan dari tubuh dan mengendap di darah.