Find Us On Social Media :

Hati-hati, Ini 4 Bahaya Konsumsi Minuman Berenergi Berlebihan saat Mudik

Alasan tak perlu minum minuman berenergi saat mudik.

GridHEALTH.id - Menempuh perjalanan yang panjang saat mudik lebaran, dapat menguras energi.

Agar tetap berenergi saat membawa kendaraan ke kampung halaman, sejumlah orang akan mengandalkan minuman berenergi.

Minuman berenergi yang bisa didapatkan dengan mudah di supermarket, dianggap mampu membuat seseorang terjaga lebih lama.

Melansir Healthline, minuman berenergi mengandung bahan-bahan seperti kafein, yang dapat menstimulasi fungsi otak, serta meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Selain itu, ada juga beberapa komposisi lain yang bisa ditemukan dalam minuman bernergi, misalnya gula, vitamin B, turunan asam amino (taurin dan L-carnitine), dan ekstrak herbal. 

Walaupun minuman berenergi bisa meningkatkan konsentrasi saat menyetir kendaraan mudik, tapi jika diminum berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk.

Adapun risiko konsumsi minuman berenergi saat mudik sebagai berikut, dilansir dari Kompas.com (26/04/2022).

1. Tidak enak badan hingga kecanduan

Minuman berenergi yang sering diminum saat mudik, pada beberapa orang dapat menimbulkan efek samping sakit kepala, sembelit, lebih mudah emosi, hingga kecanduan.

Baca Juga: Ibu Hamil Bisa Mudik Aman dan Nyaman dengan Panduan Ini, Save Ya!

Efek samping tersebut biasanya akan muncul jika minuman berenergi dikonsumsi terlalu banyak, melebihi anjuran batas aman.

Dampak buruk tersebut juga bisa terjadi jika minuman berenergi diminum dalam keadaan perut kosong atau mempunyai riwayat penyakit kronis.