Find Us On Social Media :

Selain Sinovac, Ini Pilihan Vaksin Halal Rekomendasi dari MUI

Vaksin halal untuk umat muslim di Indonesia.

GridHEALTH.id - Masyarakat diimbau untuk segera mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Diketahui vaksinasi sendiri jadi salah satu yang paling efektif mencegah keparahan dan penyebaran infeksi Covid-19.

Menurut penjelasan di laman nhs.uk (30/3/2021), orang yang sudah divaksin sistem kekebalannya mampu mengenali dan tahu cara melawan suatu infeksi penyakit.

Itu artinya jika kita disuntik vaksin Covid-19, maka sistem kekebalan tubuh kita akan terlatih dalam melawan Covid-19 sehingga dampak infeksi virus tersebut bisa diminimalisir.

Namun di Indonesia sendiri, vaksinasi Covid-19 sempat terhambat lantaran tidak semua daerah kebagian vaksin Covid-19 yang halal.

Alhasil belakangan Mahkamah Agung (MA) memutuskan untuk memenangkan Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) atas uji materi Pasal 2 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2020.

Putusan MA tersebut memberikan konsekuensi kepada pemerintah untuk menyediakan vaksin Covid-19 yang halal bagi umat muslim di Indonesia.

Lantas, apa saja vaksin Covid-19 yang sudah dinyatakan halal oleh MUI?

Sejauh ini, MUI (Majelis Ulama Indonesia) sudah melakukan uji sertifikasi halal pada beberapa produk vaksin Covid-19 yang beredar di Indonesia.

Baca Juga: Dapat Booster Pfizer atau AstraZeneca? Ini Kabar Baik Bagi Penerima Vaksin Sinovac

Namun, tidak semua vaksin Covid-19 yang telah diuji tersebut dinyatakan suci dan halal.

Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh mengatakan, sejauh ini MUI telah mengeluarkan empat fatwa yang menyatakan kehalalan vaksin Covid-19.