Find Us On Social Media :

Pasca Lebaran Jangan Mager, Ini 5 Cara Kembali ke Kebiasaan Semula

Pasca lebaran, penting untuk memikirkan atau mengembalikan jadwal olahraga seperti sebelum puasa.

GridHEALTH.id - Setelah berpuasa sebulan lamanya, dilanjut libur lebaran yang cukup panjang di tahun ini, entah kenapa sebagian dari kita masih bermalas-malasan, atau masih asyik menyantap makanan sisa lebaran.

Ayo , jangan lama- lama terlena karena khawatirnya bakal terjebak dalam kebiasaan yang tidak sehat dan sulit untuk membangun kembali rutinitas yang sehat yang sudah kita lakukan sebelum puasa.

Berikut adalah 5 hal yang harus difokuskan untuk kembali ke jalur yang benar:

1. Manfaatkan nafsu makan yang berkurang dengan puasa religius atau puasa intermiten

Pada satu titik, karena jenuh dengan aneka makanan lebaran yang terhidang, mungkin kita malah tidak memiliki selera makan yang terlalu banyak sepanjang hari.

Hasilnya adalah penurunan tingkat energi, mengonsumsi keseimbangan gizi yang salah, dan akhirnya penambahan berat badan.

Manfaatkan rasa lapar yang berkurang dengan menyelesaikan puasa agama atau memulai puasa intermiten. Puasa agama dapat berupa puasa Syawal, puasa nafl, puasa qadha, atau puasa sunnah lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat puasa intermiten, yang harus kita lakukan adalah makan pertama pada jam 12 malam dan tidak makan apa pun setelah jam 8 malam. Pengaturan waktu ini akan mencegah ngemil larut malam.

2. Makan setidaknya satu salad sehari

Baca Juga: 8 Cara Antisipasi Munculnya Gangguan Kesehatan Setelah Menyantap Hidangan Lebaran

Baca Juga: 5 Jenis Bakteri Dalam Urin Bisa Jadi Penunjuk Adanya Kanker Prostat 

Terlepas dari diet mana yang diikuti, kita membutuhkan lebih banyak sayuran. Setelah seminggu kelebihan gula, tubuh  pasti membutuhkan nutrisi dari salad.