Find Us On Social Media :

3 Perbedaan Mencolok Hepatitis Akut Misterius Dengan Hepatitis Biasa

Hepatitis akut misterius sudah ditemukan di Indonesia.

GridHEALTHid - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi telah mempublikasikan kasus Hepatitis Akut misterius sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Hal ini tak terlepas dari ditemukannya 170 kasus Hepatitis Akut misterius di 12 negara di dunia.

Di Indonesia sendiri terdapat tiga kasus hepatitis yang tidak diketahui penyebabnya ini.

Dimana ketiganya dialami oleh anak-anak di Jakarta dan mereka meninggal dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 31 April 2022.

Alhasil menindaklanjuti temuan tersebut, Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegah dan Pengendalian Penyakit mantap mengeluarkan Surat Edaran nomor HK. 02.02/C/2515/2022 Tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang tidak diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology), tertanggal 27 April 2022.

Surat Edaran dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan dini penemuan kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya.

Baik untuk Pemerintah Daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, sumber daya manusia (SDM) kesehatan, dan para pemangku kepentingan terkait.

Sementara itu sampai saat ini Pakar kesehatan dari epidemiolog hingga ahli penyakit menular dalam negeri masih kebingungan menyimpulkan asal muasal hepatitis akut tersebut.

Bahkan, mereka melaporkan bahwa kasus ini berbeda dengan infeksi hepatitis tipe yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga: Waspadai Hepatitis Akut, Apa yang Membuat Anak Rentan Terkena?

Lantas, bagaimana perbedaan hepatitis misterius dengan hepatitis biasa yang sudah ada sebelumnya?

Menurut mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Profesor Tjandra Yoga Aditama, setidaknya ada tiga perbedaan yang cukup mencolok.