Find Us On Social Media :

Pada Orang Obesitas Efektivitas Vaksin Covid-19 Melemah, Studi

Efektivitas vaksin Covid-19 berkurang pada orang-orang tertentu.

GridHEALTH.id - Sampai saat ini pemberian vaksin Covid-19 masih jadi solusi terbaik untuk mencegah infeksi virus corona.

Meski efektivitas vaksin Covid-19 yang ada belum 100 %, tapi suntikannya sudah terbukti dapat meminimalisir penularan dan keparahan penyakit tersebut.

Seperti dijelaskan pada laman nhs.uk (30/3/2021), orang yang sudah divaksin sistem kekebalannya mampu mengenali dan tahu cara melawan suatu infeksi penyakit.

Itu artinya jika kita disuntik vaksin Covid-19, maka sistem kekebalan tubuh kita akan terlatih dalam melawan Covid-19 sehingga dampak infeksi virus tersebut bisa diminimalisir.

Meski demikian, karena efektivitas vaksin Covid-19 belum 100 % masyarakat tetap perlu mewaspadai penularannya.

Apalagi studi terbaru telah menunjukkan bahwa pada orang tertentu efektivitas vaksin Covid-19 bisa melemah atau berkurang.

Dilansir dari  Reuters (7/5/2022), studi terbaru menemukan bahwa obesitas dapat menurunkan efektivitas vaksin Covid-19 pada orang yang belum pernah terpapar virus sebelumnya.

Studi dari Turki tersebut, dilakukan pada orang yang belum pernah terinfeksi Covid-19 sebelumnya dan telah menerima vaksin Pfizer dan Sinovac.

Hasil penelitian ini kemudian dipresentasikan minggu lalu di Kongres Eropa tentang Obesitas di Maastricht, Belanda.

Baca Juga: Dikira Obat Covid-19 Ternyata Miras Oplosan, 10 Orang Dilaporkan Tewas Karenanya

Hasilya, pada penerima vaksin Pfizer ditemukan, orang dengan obesitas parah memiliki tingkat antibodi tiga kali lebih rendah daripada individu dengan berat badan normal.

Sementara pada penerima vaksin Sinovac yang mengalami obesitas parah dan belum pernah terkena Covid-19, tingkat antibodi 27 kali lebih rendah dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal.