Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Manfaat Kebiasaan Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan

Naik turun tangga mempunyai banyak manfaat kesehatan.

GridHEALTH.id - Selain olahraga rutin, aktivitas harian juga penting untuk membuat kita tetap bugar atau  menurunkan berat badan.

Mereka yang menjalani kehidupan menetap dengan sedikit olahraga memiliki peningkatan risiko obesitas, diabetes dan penyakit jantung, di antara masalah kesehatan lainnya.

Berolahraga secara teratur memang diperlukan, tetapi banyak orang merasa sulit untuk memilih suatu kegiatan dan meluangkan waktu untuk itu.Sebagian besar jenis latihan dan olahraga membutuhkan peralatan, baik itu raket tenis atau sepatu lari.

Tentu saja, kita dapat bergabung dengan gym, tetapi itu membutuhkan dedikasi, motivasi, dan juga mendapatkan pelatih yang baik.

Tetapi tanpa disadari, ada satu jenis olahraga, yang dipetik dari rutinitas harian, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu naik turun tangga setiap hari.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Sports pada tahun 2019, menaiki tangga adalah jenis aktivitas fisik yang mudah didapat yang tidak memerlukan pelatihan atau peralatan khusus.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa menaiki tangga menggunakan 8-10 kali kebutuhan energi dari keadaan istirahat, dan harus digunakan sebagai inisiatif kesehatan masyarakat di seluruh dunia.Jika dibandingkan dengan berlari dan berjalan, menaiki tangga membakar lebih banyak kalori. Ini melibatkan semua otot perut, merangsang semua organ di sana, mengaktifkan tulang belakang dan mengurangi risiko cedera lutut, kaki, dan pergelangan kaki.

Baca Juga: Healthy Move, Naik Turun Tangga Kuatkan Sendi Hingga Bakar Kalori

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Biaya Pasien Hepatitis 'Misterius' Ditanggung BPJS

Terlebih lagi, menaiki tangga adalah sesuatu yang bisa dilakukan di cuaca apapun. Berikut ini adalah beberapa manfaat menaiki tangga setiap hari:

1. Ini membantu menurunkan berat badanMenaiki tangga selama satu jam adalah bentuk latihan yang sangat intens dan memiliki manfaat aerobik yang sangat besar.

Kita bisa kehilangan sekitar 0,17 kalori saat mendaki dan 0,05 kalori saat menuruni satu langkah.