Find Us On Social Media :

Healthy Move, Naik Turun Tangga Kuatkan Sendi Hingga Bakar Kalori

Ada beragam manfaat aktivitas naik turun tangga untuk kesehatan.

GridHEALTH.id - Dr. Kenneth Hun, Direktur Medis dari UCHealth Foot and Ankle Center – Stapleton di Denver, Amerika Serikat mengatakan, apakah kita sedang menaiki dan menuruni anak tangga yang sebenarnya atau berolahraga dengan mesin pemanjat tangga – dapat menjadi cara yang efisien dan efektif untuk melatih otot dan membakar lemak (kalori)."Mendaki tangga bisa menjadi latihan yang efektif untuk memperkuat otot, meningkatkan keseimbangan, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular," kata Hunt.

Bentuk latihan ini biasanya aman bagi kebanyakan orang sehat, meskipun dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi sebagian orang, katanya.

Misalnya, jika kita memiliki masalah dengan keseimbangan dan cenderung jatuh atau memiliki kelemahan, kekakuan atau nyeri pada kaki, pergelangan kaki, lutut atau pinggul, segala jenis memanjat tangga mungkin tidak tepat untuk kita.

Hal yang sama berlaku jika emiliki kondisi peradangan seperti radang sendi, radang kandung lendir atau penyakit sendi degeneratif.

Jika memiliki masalah ini, kita harus berkonsultasi dengan ahli terapi fisik atau dokter perawatan primersebelum memulai latihan memanjat tangga, saran Hunt.

Baca Juga: 3 Gaya Hidup Aktif Ini Bisa Jadi Olahraga Untuk Turun Berat Badan

Baca Juga: Penting Bagi Penyandang Diabetes, Cek Kadar Gula Darah Sebelum Memulai Olahraga Dengan memperkuat otot dan persendian kaki, memanjat tangga dapat meningkatkan fungsi dengan aktivitas sehari-hari, kata Eric Sampsell, terapis fisik untuk The Centers for Advanced Orthopaedics di Hagerstown, Maryland.