Find Us On Social Media :

Berhubungan Intim Setelah Sembuh dari Stroke, Ini yang Harus Dilakukan

Penyintas stroke harus hati-hati bila ingin berhubungan intim lagi.

GridHEALTH.id - Perlu digarisbawahi, berhubungan seks tidak membuat sebagian besar penyintas berisiko mengalami stroke lagi.

Bercinta memang membutuhkan energi sebanyak menaiki satu atau dua anak tangga. Detak jantung semakin cepat dan pernapasan menjadi lebih berat, tetapi itu normal.

Tetapi banyak penyintas menemukan bahwa mereka tidak terlalu tertarik pada hubungan seksual. Mungkin ada masalah citra tubuh karena hemiplegia (kelumpuhan pada satu sisi tubuh), air liur, wajah terkulai atau ketidakmampuan untuk berbicara dengan jelas.Kelelahan adalah masalah umum lainnya, karena penyintas  mungkin memerlukan lebih banyak waktu istirahat sepanjang hari. Maka itu waktu terbaik untuk berhubungan seks mungkin setelah istirahat atau di pagi hari.

Selain itu, bagi sebagian pria, obat-obatan dapat mencegah ereksi. Beberapa obat antidepresan dan tekanan darah mengurangi libido (hasrat seksual) dan kinerja.

Jika pasien minum obat untuk tekanan darah tinggi, rencanakan aktivitas seksual sebelum minum pil.

Ini dapat membantu kita menghindari impotensi yang disebabkan oleh obat-obatan. Tetapi jangan pernah berhenti minum obat tanpa berkonsultasi dengan dokter.Dokter mungkin meresepkan obat untuk mengobati impotensi. Pria harus menghindari obat disfungsi ereksi jika mereka minum obat untuk angina.

Masalah-masalah itu bisa membuat frustrasi dan dapat mengubah hubungan seksual lebih dari kelumpuhan.

Baca Juga: Stroke Mata Bisa Sebabkan Kebutaan, Gejalanya Sering Tak Disadari

Baca Juga: Cuaca Panas Membawa Dampak Kesehatan, Bisa Menyebabkan Gangguan Mental

Jika kita memiliki masalah dengan ingatan, depresi atau fokus, mintalah dokter  untuk merekomendasikan seseorang yang dapat membantu dalam manajemen perilaku dan membangun kembali hubungan kita.Komunikasi adalah unsur utama dalam kehidupan seks yang memuaskan, dan penderita afasia atau kehilangan kemampuan untuk memahami atau mengekspresikan ucapan  masih dapat menikmati seks.

Pelajari cara lain untuk mengomunikasikan kebutuhan seksual. Misalnya, penggunaan sentuhan dan belaian.

Ada yang perlu menjadi perhatian, yakni perilaku kita mungkin dipengaruhi oleh tempat terjadinya stroke di otak.