Find Us On Social Media :

Pengobatan pada Pasien Hepatitis Akut, Kasusnya Sudah Merambah 5 Provinsi

Jaga jarak, pakai masker salah satu protokol kesehatan pencegahan hepatitis akut misterius.

GridHEALTH.id - Kasus hepatitis akut misterius yang saat ini menjadi momok masyarakat Indoensia telah merambah 5 provinsi di Indonesia.

Ke 5 provinsi tersebut adalah; DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Bangka Belitung.

Kasusnya, ada 11 kasus di DKI Jakarta, Sumatera Barat 1 kasus, Jawa Timur 1 kasus, Bangka Belitung 1 kasus, dan Jawa Barat 1 kasus.

Jadi total ada 15 kasus hepatitis akut di Indonesia hingga Senin (9/5/2022).Jumlah tersebut meningkat dibandingkan sehari sebelumnya.

Sebab menurut Kemenkes tadinya menyebut ada empat kasus dugaan penularan hepatitis akut di Indonesia.

Dari 15 kasus tersebut 5 pasien meninggal dunia dilaporkan di DKI Jakarta, Jawa Timur dan Sumatera Barat. Sementara itu, pasien lainnya masih dalam perawatan.

Umumnya pasien hepatitis akut misterius tersebut usainya 1-6 tahun.

Karenanya Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mewanti-wanti semua pihak mengenai penularan kasus hepatitis misterius ini.

Baca Juga: 6 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Lemak dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Menurut IDAI penularan atau transmisi hepatitis akut yang saat ini sedang menjadi sorotan, diduga melalui fekal-oral atau saluran cerna.Cara mencegah hepatitis akut misterius

Cara terbaik dalam mengahadapi KLB hepatitis akut misterius saat ini adalah dengan melakukan pencegahan semaksimal mungkin.

Karena dengan pencegahan, selain untuk menghindari agar tidak terinfeksi, langkah pencegahan ini dilakukan untuk menekan laju penyebarannya.