Find Us On Social Media :

Asam Urat Bisa Menyebabkan Gangguan Ginjal, Perhatikan Gejala Awalnya

Selalu merasa lemas adalah salah satu tanda adanya gangguan ginjal.

GridHEALTH.id - Asam urat adalah serangan arthritis yang menyakitkan dan akut yang disebabkan oleh penumpukan asam urat (produk limbah normal dalam tubuh dalam darah.

Ketika asam urat meningkat dalam darah, asam urat dapat menumpuk di persendian dan memicu respons peradangan yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan yang parah.

Asam urat sering mempengaruhi satu sendi pada satu waktu (jari kaki besar adalah tempat umum untuk asam urat untuk memulai), tetapi seiring waktu dapat mempengaruhi banyak sendi serta bagian lain dari tubuh, terutama bila tidak dirawat dengan benar.

Dengan asam urat, kita akan mengalami pembengkakan, kemerahan, kehangatan, dan kelembutan saat disentuh di persendian, kata Konstantinos Loupasakis, MD, rheumatologist di MedStar Washington Hospital Center di Washington, DC.

Selama serangan asam urat, rasa sakit bisa sangat menyiksa sehingga kita bahkan tidak bisa mentolerir kain lembut seperti sprai tempat tidur menyentuh sendi itu.

"Bila Anda mengalami gout akut, Anda tidak bisa bergerak," kata Puja Khanna, MD, profesor di divisi reumatologi, departemen penyakit dalam di University of Michigan di Ann Arbor.

“Asam urat duduk di persendian Anda, menyebabkan peradangan kronis. Sendi Anda semakin cacat.”

Setelah pengobatan dengan steroid seperti prednison dan NSAID, rasa sakit biasanya akan mereda dalam beberapa hari.

Serangan asam urat yang berulang dapat menyebabkan kerusakan sendi kronis, di mana tulang terkikis dan ruang sendi menyempit.

Baca Juga: Orang dengan Sleep Apnea Meningkat Risikonya Terkena Asam Urat

Baca Juga: Dea OnlyFans Hamil 5 Bulan, Netizen Sibuk Menebak Ayah Biologis Calon Anaknya, Bisa Dites Dengan 5 Cara Ini

Baca Juga: Healthy Move, Olahraga Aman untuk Wanita yang Sedang Program Kehamilan