Find Us On Social Media :

Waspada Dokter Gadungan, di Sumsel Sudah Buka Praktik Selama 4 Bulan

Dokter palsu di Sumatera Selatan.

GridHEALTH.id – Keberadaan dokter gadungan di tengah masyarakat, merupakan fenomena yang hingga saat ini masih terus terjadi.

Adanya dokter gadungan tentunya menimbulkan keresahan, mengingat jika diagnosis yang diberikan salah dapat menimbulkan efek yang fatal.

Baru-baru ini, seorang dokter gadungan di Sumatera Selatan, berhasil diamankan oleh Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Dokter gadungan dengan inisial YTP (25) menjalani pemeriksaan, setelah diamankan.

Dia diketahui sudah membuka praktik selama empat bulan terakhir di rumahnya yang berada di Desa Sri Dadi, Kecamatan Buay, Kabupaten OKU Timur.

YTP telah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan orang yang datang ke rumahnya. Dia juga beberapa kali datang ke rumah warga untuk memberikan pengobatan jalan.

“Banyak yang sudah berobat, baik itu tindakan ataupun berobat jalan,” kata Kasat Reskrim AKP Apromico, Rabu (18/05/2022), dikutip dari Tribunnews.com.

Agar aksinya meyakinkan, YTP bahkan mempunyai peralatan medis yang lengkap di rumahnya.

“Kita tindak lanjut, ternyata memang betul dia mengaku dokter ditandai dengan kartu nama dokter dan foto dia menggunakan atribut dokter,” jelas Kasat Reskrim.

Baca Juga: Dokter Dewi Beri Iming-iming Bisa Loloskan Masuk Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Yang Berminat Dipatok 200 Juta Rupiah

Dalam kurun waktu empat bulan “menjalankan praktik”, YTP telah mengobati sekitar 20 orang pasien yang datang.

Kedok YTP sebagai dokter gadungan terbongkar setelah seorang dokter yakni dr Galih Fatoni, pada Maret lalu, menerima kabar bahwa ada seseorang yang mengaku dokter dan membuka praktik di rumahnya.