Find Us On Social Media :

Ukuran Testis Pada Pria Mencerminkan Kesehatan Seksualnya, Studi

Testis yang membesar atau mengecil menunjukkan adanya masalah kesehatan seksual pada pria.

GridHEALTH.id - Seperti bagian tubuh lainnya, ukuran testis, sepasang organ berbentuk oval yang memproduksi sperma, bervariasi dari orang ke orang.

Testis yang lebih kecil menunjukkan rendahnya produksi testosteron hormon seks pria.Testis yang terlalu besar, di sisi lain, mengisyaratkan produksi hormon ini berlebihan.

Secara klinis, ketika testis  tidak berkembang sepenuhnya atau menyusut di kemudian hari karena berbagai alasan medis termasuk produksi hormon seks pria yang rendah atau tidak ada, bisa jadi menderita hipogonadisme.

Juga, jika karena produksi hormon testosteron yang berlebihan, testis kita menjadi terlalu besar, kita mungkin menderita hipergonadisme, kata Dr. Anant Kumar, Ketua Uro-Onkologi, Transplantasi Robotik & Ginjal di Max Group of Hospitals di Mumbai, India

Testis yang terlalu besar, yang datang dengan gejala seperti peningkatan gairah seks, kebotakan dini, massa otot yang berlebihan, dan jerawat yang menetap, mungkin mengisyaratkan kondisi mendasar yang mempengaruhi kesehatan seksual secara signifikan.

* Testis yang membesar menunjukkan

- Peningkatan kadar testosteron: Sekresi hormon testosteron yang berlebihan selama masa pubertas menyebabkan pubertas sebelum waktunya.

Ini dapat terjadi dengan gejala seperti timbulnya perubahan tubuh yang cepat terkait dengan kematangan seksual.

Namun, jika terkena di kemudian hari, pria mengalami pembesaran testis yang dapat menyebabkan penyakit jantung, disfungsi seksual, dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Demi Jaga Kesuburan, Anak Laki-laki Jangan Sering Minum Susu Kedelai

Baca Juga: Masih Jadi Pertanyaan Awam, Perlukah Menyikat Gigi Setelah Sarapan?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School, Boston telah mengungkapkan bahwa kadar testosteron yang berlebihan dalam tubuh merupakan faktor risiko penting untuk penyakit kardiovaskular.