Find Us On Social Media :

Diabetes Hingga Hipertiroid, Penyakit yang Diam-diam Mengikis Tulang Sampai Menyebabkan Osteoporosis

Hipertiroid bukan penyakit ringan dan bisa menyebabkan osteoporosis.

GridHEALTH.id - Tulang menyediakan struktur tubuh, perlindungan organ dan penyimpanan mineral seperti kalsium dan fosfor yang penting untuk perkembangan dan stabilitas tulang.

Individu terus membangun tulang dan mencapai puncak massa tulang sekitar usia 30 tahun, setelah itu mereka mulai kehilangan massa tulang dengan mantap.

Meskipun massa tulang puncak sangat tergantung pada genetika, banyak faktor yang dapat dimodifikasi seperti olahraga, nutrisi, penyakit atau obat-obatan tertentu juga dapat mempengaruhi massa tulang.

Sepanjang hidup, tulang dirombak, yang memungkinkan kekuatan dan perbaikan mekanis. Setiap ketidakseimbangan dalam aktivitas remodeling di mana resorpsi melebihi pembentukan menyebabkan osteoporosis.

Penurunan ini dipercepat pada wanita setelah menopause akibat penurunan kadar estrogen yang mengakibatkan hilangnya 2% BMD/bone mineral density (kepadatan mineral tulang) setiap tahun.

Wanita biasanya memiliki BMD lebih rendah daripada pria, untuk memulai, ditambah dengan kehilangan BMD yang lebih tinggi setelah menopause yang mengakibatkan tingkat osteoporosis yang lebih tinggi.

Pria memang mengalami penurunan pembentukan tulang karena penuaan, tetapi bukan karena penurunan hormon seks dan pada tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita.

Menurut International Osteoporosis Foundation, satu dari tiga wanita dan satu dari lima pria yang berusia di atas 50 tahun akan mengalami patah tulang terkait osteoporosis. Diperkirakan 9 juta patah tulang terjadi di seluruh dunia setiap tahun karena osteoporosis.

1. Osteoporosis primer

Baca Juga: WHO Serukan Pentingnya Kesadaran Bahwa Osteoporosis Tak Sekadar Penyakit Tulang Tetapi Bisa Menurunkan Kualitas Hidup

Baca Juga: 4 Makanan yang Dapat Memicu Nyeri Sendi, Di Antaranya Gorengan

Osteoporosis primer dikaitkan dengan usia dan defisiensi hormon seks.