Find Us On Social Media :

Ngeri, Bahan Cairan dalam Rokok Elektrik Ada yang Bisa Merontokkan Paru-paru

Kandungan cairan rokok elektrik berbahaya bagi paru-paru.

GridHEALTH.id Rokok elektrik tidak mengandung tembakau asli atau bahan berbahaya lainnya seperti karbon monoksida dan tar, yang ditemukan dalam rokok tradisional.

Sebaliknya, rokok elektrik menggunakan larutan nikotin cair yang dikenal sebagai e-liquid atau e-juice. Apa sebenarnya e-liquid itu?

E-Liquid terdiri dari empat bahan dasar; air, nikotin, perasa, dan propilen glikol atau gliserin nabati (atau terkadang campuran PG dan VG).

Nikotin:  Bahan adiktif yang ditemukan dalam rokok elektrik dan rokok tradisional. Nikotin merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan tekanan darah, pernapasan, dan detak jantung.

Ketika nikotin memasuki otak, ia melepaskan perasaan senang karena kadar dopamin meningkat.

Pembuat cenderung menawarkan produk mereka dalam berbagai rentang kandungan nikotin, mulai dari tidak ada hingga 36 miligram per mililiter.

Nikotin, meskipun tidak dianggap sebagai karsinogen, masih bersifat adiktif dan dapat ”mempercepat otak menjadi kecanduan zat lain”, menurut National Institute on Drug Abuse.

Perasa:  Lebih dari tujuh ribu rasa ada termasuk ceri, kelapa, berry blast, apel segar, kue tar manis, kayu manis, dan bahkan tembakau.

Tidak mungkin untuk membuat daftar semua bahan kimia yang menciptakan rasa di sini, tetapi satu bahan kimia yang menonjol adalah diacetyl.

Baca Juga: Rokok Elektrik VS Rokok Sigaret, Lihat Dampaknya Bagi Kesehatan

Baca Juga: Risiko Stroke dan Kematian Dini Mengintip Mereka yang Suka Begadang

Diacetyl biasanya digunakan untuk membuat rasa mentega pada popcorn. Meskipun bahan kimia ini diyakini sangat aman untuk dicerna, ada banyak bukti bahwa menghirup diacetyl dapat memicu penyakit yang tidak dapat disembuhkan yang disebut bronkiolitis obliteratif (OB), juga dikenal sebagai "Paru-Paru Popcorn."