Find Us On Social Media :

Tai Chi Olahraga Kuno Cina Tak Boleh Dilakukan Oleh Penderita Hernia

tai chi

GridHEALTH.id - Olahraga adalah salah aktivitas yang diperlukan oleh tubuh untuk tetap bugar dan sehat, bahkan semua orang bebas menentukan jenis olahraga apa yang sesuai dengan dirinya dan nyaman untuk dilakukan.

Berbagai pilihan jenis olahraga tersedia di seluruh dunia, dengan ciri khas dari negaranya masing-masing, salah satunya olahraga kuno dari Cina yang disebut dengan Tai Chi atau Taiji.

Tai Chi dikenal juga dengan sebutan Taiji atau Taijiquan dan termasuk ke dalam warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada tahun 2020.

Inti gerakan yang dipelajari dalam olahraga ini diambil dari konsep dialektika Taiji dan yin-yang di Konfusianisme dan Taoisme Cina tradisional.

Fungsi utamanya adalah pengembangan diri, kebugaran fisik, dan pertahanan diri.

Tai Chi dibagi ke dalam dua jenis, antara lain Tai Chi untuk senam dan Tai Chi untuk bela diri.

Olahraga ini telah menjadi budaya di masyarakat Cina, maka banyak sekolah Tai Chi didirikan di sana, setiap sekolahan ini tidak lepas dari warisan budaya dan karakteristik yang khas. 

Gerakan dalam Tai Chi membutuhkan fokus dan dilakukan dengan lambat, disertai pernapasan yang dalam, juga membutuhkan gerakan tubuh yang konsisten.

Olahraga Tai Chi dikatakan aman untuk hampir semua usia dan semua tingkat kebugaran, karena gerakannya yang tidak membahayakan dan tidak terlalu menekankan pada otot juga persendian.

Baca Juga: Healthy Move, 3 Jenis Olahraga yang Meningkatkan Kesehatan Jantung

 Tai Chi bisa menjadi olahraga pilihan yang efisien, karena dapat dilakukan di mana saja, baik di dalam atau di luar ruangan, sendiri atau pun berkelompok, dan tanpa peralatan khusus. 

Namun ada beberapa golongan kondisi seseorang yang tidak dianjurkan menerapkan olahraga ini, antara lain: