Find Us On Social Media :

Healthy Move, Manfaat Olahraga Angkat Berat, Hindari Osteoporosis

Angkat beban bila dilakukan secara rutin menghindari osteoporosis.

GridHEALTH.id - Dalam hal latihan kekuatan, beban yang lebih ringan dapat "menumbuhkan" otot, tetapi beban yang lebih berat akan membuatnya lebih kuat, menurut penelitian baru.

Dalam jangka panjang, rutin melakukan latihan angkat berat dapat mengurangi risiko mudah cedera dan menghindari osteoporosis (pengeroposan tulang) di hari tua.

Para ahli merekomendasikan latihan kekuatan dua sampai tiga kali per minggu, melakukan delapan sampai 12 repetisi maks per latihan.

Yang terpenting, pertimbangkan untuk meminta pelatih merancang pola latihan yang aman dan efektif untuk tujuan dan kebutuhan pribadi.

Diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, para peneliti meninjau 28 studi yang mencakup total 747 orang dewasa yang sehat.

Melihat jenis berat apa yang disebut beban akan meningkatkan pertumbuhan otot, para peneliti menemukan bahwa spektrum jumlah beban yang luas menghasilkan peningkatan ukuran otot yang sangat mirip.

Namun, hanya dengan beban yang lebih tinggi atau sedang ada peningkatan kekuatan yang signifikan.

"Itu berarti beban yang lebih ringan dapat menumbuhkan otot Anda, tetapi beban yang lebih berat akan membuatnya lebih kuat", kata pemimpin peneliti Pedro Lopez, M.Sc., Ph.D.(c), di Institut Penelitian Kedokteran Latihan di Universitas Edith Cowan di Australia.

Dia mengatakan kepada Majalah Runner's World, hasil ini tampak sangat benar bagi mereka yang baru berlatih kekuatan dibanding dengan mereka yang memiliki latar belakang pelatihan.

Baca Juga: Healthy Move, 6 Alasan Wanita Justru Dianjurkan Angkat Beban

Baca Juga: Jenazah Eril Akhirnya Ditemukan, Ridwan Kamil Duga Anaknya Alami Kram, 3 Tips Hindari Kram Saat Berenang

Bagi mereka yang berlatih secara teratur, Lopez mengatakan menambahkan lebih banyak sesi ke rutinitas mereka kemungkinan akan lebih bermanfaat daripada sekadar menambahkan lebih banyak beban.