Find Us On Social Media :

Siapa Berikutnya? Ini 10 Kandidat Penyakit Calon Pandemi di Masa Depan

Manusia selalu terancam penyakit pandemi sepanjang masa. Siapa berikutnya setelah Covid-19?

GridHEALTH.id - Munculnya Covid-19 adalah peringatan bagi dunia untuk lebih waspada terhadap virus bug yang dapat menghidupkan masyarakat dalam sekejap.

Menurut Jean-Jacques Muyembe Tamfun, ilmuwan yang menemukan Ebola, umat manusia saat ini menghadapi ancaman yang lebih mematikan, tanda-tandanya sudah muncul di hutan hujan tropis Afrika.“Kita sekarang berada di dunia di mana patogen baru akan muncul. Dan itulah yang merupakan ancaman bagi kemanusiaan," katanya kepada CNN (09/05/2022).

Ketika ditanya apakah ada penyakit baru yang bisa lebih 'dahsyat' daripada Covid-19, dia berkata, "Ya, ya, saya pikir begitu," memperingatkan bahwa lebih banyak penyakit zoonosis, penyakit yang berpindah dari hewan ke manusia, dapat muncul.Covid-19 hanya yang terbaru. Di antara penyakit-penyakit itu. Demam kuning, berbagai bentuk influenza, rabies, brucellosis, dan penyakit Lyme telah ada sejak lama. Dan, mereka telah menjadi akar penyebab epidemi dan pandemi di masa lalu.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menjuluki bencana yang tidak diketahui ini yang menunggu untuk terjadi sebagai 'Penyakit X' - di mana 'X' berarti yang tidak terduga.

Dan, menurut Tamfun, seorang wanita yang menunjukkan gejala demam berdarah di kota terpencil di Republik Demokratik Kongo bisa saja menjadi pasien nol untuk 'Penyakit X'.Dia diuji untuk beberapa penyakit, yang sudah diketahui tetapi diuji negatif untuk setiap penyakit.

Hal ini telah memicu kekhawatiran bahwa penyakitnya dapat disebabkan oleh patogen 'tak terduga' yang menyebar secepat Covid-19 tetapi memiliki tingkat kematian yang lebih mematikan dari 50% hingga 90%, setara dengan Ebola. Untungnya, dia telah pulih, tetapi penyebab penyakitnya masih belum diketahui.Tapi, patogen lain yang tak terduga bisa jadi akan menyebabkan 'Penyakit X' berikutnya. Menurut Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI/Global Alliance for Vaccines and Immunisation ), ini adalah 10 penyakit menular yang paling mungkin menjadi pandemi berikutnya:

Baca Juga: Orang yang Pernah Terkena Cacar Air Berisiko Alami Lumpuh Separuh Wajah Akibat Sindrom Ramsay Hunt Seperti Justin Bieber

Baca Juga: Hati-hati, Kurang Air Minum Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal Kronis

1. Ebola

Vaksin Ebola pertama baru disetujui pada Januari 2020. Itu enam tahun setelah pandemi Ebola melanda Afrika Barat, menewaskan lebih dari 11.000 orang.

Wabah yang sedang berlangsung di Republik Demokratik Kongo sejauh ini telah melaporkan 3.456 kasus dan 2.276 kematian.

Ebola berkembang biak dengan cepat dan merupakan salah satu penyakit paling mematikan di bumi.

Perlu kontak dekat manusia untuk menyebar, seringkali melalui cairan tubuh seperti darah, kotoran, dan muntahan. Metode penularan tidak hanya membahayakan kontak pasien tetapi juga pekerja kesehatan.