Find Us On Social Media :

Kombinasi Baru Obat Anti Hipertensi, Bisa Sembuhkan Penyakit Darah Tinggi?

Triple pil hipertensi, obat kombinasi baru untuk penyintas darah tinggi.

GridHEALTH.id - Hipertensi merupakan masalah kesehatan dunia, prevalensi hipertensi yang meningkat, disertai dengan penyakit lain yang menyertainya akan meningkatkan risiko kejadian kardiovaskuler dan penyakit ginjal.

Hipertensi biasanya tidak menimbulkan gejala yang spesifik, sehingga menyebabkan banyak penderita hipertensi yang tidak diobati.

Ketahuilah, dari pasien hipertensi yang mendapat pengobatan, hanya sekitar 10-20% yang mencapai target tekanan darah yang terkontrol.

Chow CK et al pada 2013 melaporkan 2 dari 3 pasien hipertensi yang mendapat obat antihipertensi tidak dapat mencapai target tekanan darah (TD).

Padahal kita tahu, bahwa tekanan darah yang terkontrol dengan obat merupakan cara yang paling efektif dalam menurunkan morbiditas dan mortalitas kardiovaskuler.

Nah, untuk mencapai target TD, sebagian besar pasien memerlukan obat anti hipertensi dengan kombinasi lebih dari satu obat.

Kondisi ini mendasari begitu banyak jenis obat anti hipertensi yang beredar di pasaran.

Tapi di lain pihak hal ini menimbulkan kompleksitas bagi klinisi dalam pemilihan obat anti hipertensi mana yang paling efektif dan tepat diberikan berdasarkan kondisi spesifik pasien yang dihadapi.

Karenanya dokter dituntut memiliki kemampuan dalam menentukan kombinasi obat antihipertensi yang tepat sehingga bisa mencapai target kontrol TD serta menurunkan morbiditas maupun mortalitas kardiserebrovaskular.

Baca Juga: Kenapa Masih Ada yang Mengonsumsi Daging Babi, Walau Mengandung Parasit dan Zat Karsinogenik? Bisa Jadi Ini Alasannya

Obat Kombinasi Baru Hipertensi

Para peneliti dari Institut George untuk Kesehatan Global baru-baru ini melaporkan melakukan uji klinis untuk obat kombinasi baru yang diklaim ampuh menghilangkan tekanan darah tinggi.