Find Us On Social Media :

Healthy Move, Begini Cara Mencegah Heat Stroke Selama Berolahraga

Hati-hati munculnya heat stroke saat berolahraga.

GridHEALTH.id - Kebugaran merupakan salah satu unsur penting agar kita selalu sehat dan panjang umur. Cara yang penting untuk mencapai kebugaran adalah dengan rutin melakukan olahraga.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan olahraga selama 30 menit setiap hari selama lima hari dalam seminggu. Latihan olahraga meliputi latihan kardio, latihan kekuatan, dan latihan fleksibilitas.

Tetapi hati-hati, baik berolahraga di luar maupun di dalam gym, kita berisiko mengalami kepanasan, meski tubuh memiliki sistem pendinginan alami, yang selalu bekerja untuk menjaga suhu yang aman. Berkeringat membantu tubuh Anda menjadi dingin.

Olahraga yang sejatinya dilakukan untuk menjaga kebugaran juga bisa berdampak buruk apabila tidak dilakukan dengan benar.

Ketika berolahraga, produksi panas tubuh akan meningkat terkait adanya proses metabolisme energi dalam tubuh yang menghasilkan panas.

Cuaca yang panas pun ikut andil dalam meningkatkan suhu tubuh. Meningkatnya suhu tubuh selama olahraga berpotensi menimbulkan heat illness dengan gejala seperti heat cramp (kram otot), heat exhaustion (kelelahan), heat rash (muncul ruam merah pada kulit) hingga heat stroke (berkunang-kunang, mual, pusing, kulit dingin namun berkeringat, bahkan pingsan).Sedangkan Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan, kepanasan saat berolahraga menempatkan kita pada risiko, seperti;

- Kram panas. Kram otot, biasanya di kaki atau perut (disebabkan oleh hilangnya garam karena berkeringat). Ini mungkin tanda pertama terlalu panas.

- Kelelahan panas. Berkeringat banyak, kulit dingin dan lembap, mual dan muntah.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem di Arab Saudi, 6 Tips Cegah Heat Stroke Bagi Jemaah Haji

Baca Juga: Layanan Diet Lewat Aplikasi Bantu Pengguna Mengontrol Berat Badan

- Heatstroke.  Ketika suhu tubuh naik di atas 104°F (40°C). Heatstroke adalah kondisi yang mengancam jiwa.

Regional Commercial Director PT Taisho, Sonny Adi Nugroho, mengatakan, “Taisho menangkap aspirasi yang berfokus pada menjaga kebugaran fisik, yaitu agar tubuh tetap aktif dan bugar.