Find Us On Social Media :

Tips Sehat, Konsumsi 14 Makanan Ini Untuk Mendukung Program Diet

Program diet akan berjalan dengan menerapkan makanan ini.

GridHEALTH.id – Menjalankan program diet sebaiknya didasari untuk kesehatan, tidak hanya untuk penampilan fisik semata, dengan demikian tubuh menjadi lebih seimbang.

Program diet ini tentunya bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari olahraga hingga mengkonsumsi makanan pendukung.

Menurut sains, berikut ini 14 makanan pendukung program diet untuk membantu perjalanan menurunkan berat badan yang sehat:

- Telur utuh, makanan ini masih menjadi pilihan karena kandungannya yang padat nutrisi mulai dari kolin, vitamin D, tinggi protein dan lemak, konsumsi telur pada sebagian orang harus diperhatikan terlebih yang memiliki kadar kolesterol LDL (jahat) untuk meminimalisir risiko kolesterol.

- Sayuran hijau (kangkung, bayam, sawi hijau, lobak, dll), kandungan sayur yang kaya akan serat dan nutrisi membuat rasa kenyang lebih lama dan terhidrasi, sehingga mengurangi keinginan makan yang kurang bergizi.

- Ikan berlemak, seperti salmon, makarel, trout, sarden, herring, tuna, dll sangat bergizi dan sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat omega-3, dan berbagai nutrisi penting, kombinasi inilah yang membuat kenyang dan dapat membantu mencapai berat badan yang lebih sehat.

- Sayuran silangan atau cruciferous termasuk brokoli, kembang kol, kubis memiliki serat tinggi, protein, kandungan kalori rendah, dan memiliki senyawa yang dapat menurunkan risiko kanker, kombinasi kandungan ini yang baik untuk mendukung menurunkan berat badan

- Daging tanpa lemak, seperti dada ayam yang memiliki protein dan zat besi tinggi, daging tanpa lemak juga memiliki sedikit lemak jenuh yang tentu baik untuk menunjang program diet, namun cara memasak dan jumlah yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi tubuh, oleh karena itu cukup makan dalam jumlah sedang, tidak lebih dari 85 gram per minggu.

- Kentang dan ubi-ubian, makanan ini memiliki kandungan tinggi potasium, nutrisi yang jarang tercukupi sehingga baik untuk tubuh bila tercukupi, kemudian penelitian menunjukkan makan kentang dan ubi-ubian dapat menimbulkan rasa kenyang secara alami.

Baca Juga: Layanan Diet Lewat Aplikasi Bantu Pengguna Mengontrol Berat Badan

 - Kacang-kacangan dan polong-polongan (kacang merah, kacang hitam, dll) cenderung tinggi protein dan serat, dua unsur yang meningkatkan rasa kenyang dan juga mengandung pati resisten.

- Sup, bisa menjadi salah satu opsi penunjang makanan diet karena berbagai jenis sayuran dan biji-bijian di dalamnya yang baik untuk tubuh serta durasi memakannya yang lebih lama dari makanan lainnya membuat orang makan secara perlahan dan menimbulkan efek yang tidak terlalu kenyang, sehingga tubuh tidak cepat untuk kembali merasa lapar.