Find Us On Social Media :

Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bunga Telang, Bunga Asli Asia

Konsumsi bunga telang memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh, namun tetap harus memperhatikan takaran normal.

GridHEALTH.id - Bunga telang atau dikenal dengan nama ilmiahnya Clitoria ternatea adalah jenis tanaman asli Asia memiliki warna cerah dan seperti bentuk kupu-kupu sedang mengepakkan sayap, kini mulai banyak digunakan untuk dikonsumsi karena mengandung manfaat baik untuk tubuh.

Bunga telang merupakan tanaman polong-polongan asli pegunungan Himalaya, India, Sri Lanka, Jawa dan tempat lainnya di Asia.

Saat ini sudah banyak negara di Asia yang memproduksi makanan dan minuman dari bunga telang ini, salah satunya industri minuman di Taiwan yang berkembang pesat dengan memanfaatkan bunga ini.

Jika dilihat dari unsur nutrisinya, terdapat banyak manfaat yang terkandung di dalam bunga telang.

Kandungan Nutrisi

Bunga telang memiliki antosianin 10 kali lebih banyak dari yang lain termasuk blueberry, disebut sebagai ternatin dan kandungan inilah yang membuat bunga telang menjadi warna biru cerah, namun warna akan berubah saat tingkat keasaman meningkat.

Kandungan nutrisi di dalamnya, antara lain mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat menahan oksidasi, mempercantik kulit, memperbaiki selaput lendir mata, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melancarkan peredaran darah.

Bagian bunganya dimanfaatkan sebagai teh herbal yang dicampurkan bersama bahan lain seperti serai, madu, dan lemon.

Kandungan antioksidan lainnya yang dimiliki bunga telang adalah kaemphferol, asam p-coumaric, dan delphinidin-3,5-glukosida.

Baca Juga: Air Rebusan Bunga Wijaya Kusuma Untuk Mengobati Asma, Cukup Minum 2 Kali Sehari Secara rutin

Manfaat dan Khasiat Pengobatan

Selain mengandung nutrisi yang baik, bunga telang juga memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat, antara lain: