Find Us On Social Media :

Healthy Move, Yoga dan Tai Chi Latihan Paling Aman Untuk Penderita Atritis

Tai-chi dan yoga dapat membantu penderita artritis menjalani harinya.

GridHEALTH.id - Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat membantu gejala radang sendi, mengurangi rasa sakit dan kekakuan.

Namun, olahraga tidak harus sulit. Baik yoga dan tai chi telah ditemukan bermanfaat untuk radang sendi artritis, meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan kebugaran, sementara juga baik untuk kesehatan mental.“Yoga adalah cara yang baik dan lembut bagi orang-orang yang takut berolahraga untuk mulai bergerak,” kata Silvia Laurenti, fisioterapis senior dan terapis yoga di Minded Institute (15/06/2022),

Dengan mempelajari gerakan sederhana, orang merasa diberdayakan dan lebih percaya diri, dan kondisi, seperti depresi, mungkin sedikit terangkat."Ini didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Restorative Neurology and Neuroscience.

Ditemukan bahwa delapan minggu yoga intensif secara signifikan meningkatkan kesehatan fisik dan mental orang-orang dengan rheumatoid arthritis dan mengurangi keparahan depresi. Ini adalah sesuatu yang Lisa Muehlenbein, spesialis terapi di Yoga Medicine, telah mengalaminya sendiri.

“Saya perhatikan bahwa rasa sakit di lutut dan pergelangan tangan saya berkurang setelah saya berlatih yoga,” katanya."Ini karena yoga membuat cairan sinovial mengalir di persendian yang lebih besar, memungkinkan gerakan yang lebih halus dan menciptakan rentang gerak yang lebih besar dan meningkatkan fleksibilitas."

Dengan osteoartritis, asana – yang merupakan postur fisik dalam yoga – dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas serta membantu mencegah dan mengelola kekambuhan.

Baca Juga: Malas Berkeringat? Lihat Bagaimana Olahraga Seperti Tai Chi Dapat Menurunkan Tekanan Darah!

Baca Juga: 5 Resep Masker Terbuat Dari Pisang DIY Untuk Mengatasi Rambut Kusam

Mereka juga dapat digunakan bersama fisioterapi untuk membantu pemulihan dari penggantian sendi.Sama halnya dengan rheumatoid arthritis, yoga bisa digunakan untuk menjaga kekuatan dan kelenturan saat kondisi stabil.

Saat otot diregangkan, ketegangan yang disebabkan oleh kurangnya gerakan juga dilepaskan.

Yoga juga dapat mengubah cara seseorang mengalami kondisi tersebut. “Pranayama (pernapasan), meditasi kesadaran, pose restoratif, dan relaksasi dapat membantu mengelola gejala nyeri kronis,” jelas Laurenti.

Berasal dari Cina, tai chi terdiri dari gerakan lembut yang lancar dan santai. Ada banyak variasi, tetapi program yang dirancang untuk penderita radang sendi dapat bermanfaat dalam mengurangi stres, meningkatkan keseimbangan, dan menawarkan sedikit pereda nyeri.