Find Us On Social Media :

Aneka Obat Antivirus Traditional Chinese Medicine (TCM) yang Jarang Diketahui

TCM mengembangkan beragam jenis obat, salah satunya obat antivirus yang sedang dikembangkan dan uji klinis.

GridHEALTH.id - Pengobatan tradisional Cina atau Trditional Chinese Medicine (TCM) tidak dapat terpisahkan dari aneka ragam obat herbal yang dimilikinya, menjadi salah satu kunci dari komponen penting sistem pengobatan tradisional Cina.

Obat herbal ini mengandung senyawa kombinasi dalam bentuk produk alami yang diproses, hingga menjadi salah satu jenis obat yang banyak digunakan.

Perkembangan Obat Herbal Cina

Obat herbal Cina masih terus mengalami perkembangan untuk kembali mencari keunggulan-keunggulan yang lebih jauh dan memperkuat bukti-bukti klinis, salah satu obat herbal yang masih terus dikembangkan adalah obat antivirus.

Saat ini sudah ada berbagai jenis obat herbal untuk antivirus, meskipun masih banyak komunitas di dunia yang tidak yakin dengan efektivitas obat herbal antivirus ini, karena kurangnya bukti klinis pendukung.

Sekedar informasi, FDA pertama kali memberikan persetujuan untuk obat herbal Cina pada jenis T89 atau dikenal sebagai Dantonic yang diproduksi oleh Tasly Pharmaceuticals, sebagai obat untuk pengelolaan penyakit jantung iskemik.

Berikut ini beberapa daftar obat herbal antivirus yang telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Cina (SFDA), yang sebagian besar obat untuk antivirus adalah untuk infeksi pernapasan:

1. Radix bupleuri

Memanfaatkan tanaman herbal Chai Hu yang diolah menjadi kapsul dan bubuk.

Baca Juga: 7 Bumbu Dapur Penangkal Virus Penyebab Penyakit Ringan Sampai Berat

Obat herbal ini berkhasiat untuk antivirus flu sehingga dapat mengobati influenza dan infeksi saluran pernapasan atas.

2. Fructus forsythiae