Find Us On Social Media :

Ubah Kebiasaan Dengan 11 Langkah Mudah Mengurangi Sampah Plastik

Ubah kebiasaan dengan melakukan langkah mudah untuk mengurangi sampah plastik.

GridHEALTH.id - Persoalan mengenai jumlah sampah plastik yang terus menumpuk memang belum juga berakhir dan berbagai upaya dilakukan untuk mengelola hingga mendaur ulang sampah plastik.

Namun faktanya, sampah plastik yang sulit terurai ini sangat sulit untuk didaur ulang, oleh karena itu dibutuhkan langkah lain untuk mengelola sampah-sampah plastik ini dengan baik.

Seluruh elemen masyarakat memiliki tanggung jawab dalam penyelesaian masalah sampah plastik ini, tanpa terkecuali masyarakat sebagai pengguna plastik, dengan demikian tidak berisiko bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Maka, mulailah ubah kebiasaan dan gaya hidup yang dapat mengurangi sampah plastik. Berikut ini langkah mudah yang dapat dilakukan dari diri sendiri dan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Gunakan botol yang dapat diisi ulang kembali.

2. Tidak menggunakan sedotan plastik, beralih pada sedotan stainless steel atau kaca.

3. Membawa kantong belanja ke mana pun, karena faktanya 1 kantong plastik belanjaan membutuhkan 1.000 tahun untuk terurai.

4. Beli produk yang terbuat dari karton, bukan botol plastik.

5. Hindari barang-barang rumah tangga dari plastik.

Baca Juga: Jangan Lakukan, Membakar Sampah Plastik Ternyata Ini Bahayanya

 6. Hindari penggunaan wadah sekali pakai, jika disediakan wadah daur ulang, seperti membeli botol galon di rumah, pilihlah yang bisa didaur ulang ketimbang harus sekali pakai.

7. Membawa wadah dan peralatan makan pribadi, selain dapat mengurangi sampah plastik juga dapat menjaga kesehatan pribadi karena tidak menggunakan alat makan bekas orang lain.