Find Us On Social Media :

Mengenal Anatomi dan 17 Kondisi Payudara Bila Terserang Penyakit

Penampakan anatomi payudara. Hati-hati dengan gangguan penyakit pada payudara.

GridHEALTH.id - Payudara adalah jaringan yang melapisi otot dada (pektoral). Payudara wanita terbuat dari jaringan khusus yang menghasilkan susu (jaringan kelenjar) serta jaringan lemak. Jumlah lemak menentukan ukuran payudara.

Bagian penghasil susu dari payudara diatur menjadi 15 sampai 20 bagian, yang disebut lobus. Di dalam setiap lobus terdapat struktur yang lebih kecil, yang disebut lobulus, tempat susu diproduksi. Susu mengalir melalui jaringan tabung kecil yang disebut saluran.

Saluran terhubung dan menyatu menjadi saluran yang lebih besar, yang akhirnya keluar dari kulit di puting. Area gelap pada kulit di sekitar puting disebut areola.

Jaringan ikat dan ligamen memberikan dukungan pada payudara dan memberikan bentuknya. Saraf memberikan sensasi pada payudara. Payudara juga mengandung pembuluh darah, pembuluh getah bening, dan kelenjar getah bening.

Ada 17 kondisi payudara yang perlu diketahui bila terserang penyakit atau gangguan;

1. Kanker payudara: Sel-sel ganas (kanker) berkembang biak secara tidak normal di payudara, akhirnya menyebar ke seluruh tubuh jika tidak diobati.

Kanker payudara terjadi hampir secara eksklusif pada wanita, meskipun pria dapat terkena. Tanda-tanda kanker payudara termasuk benjolan, keluarnya cairan dari puting berdarah, atau perubahan kulit.

2. Karsinoma duktal in situ (DCIS/ Ductal carcinoma in situ ): Kanker payudara di sel-sel saluran yang belum menyerang lebih dalam atau menyebar ke seluruh tubuh. Wanita yang didiagnosis dengan DCIS memiliki kemungkinan besar untuk disembuhkan.

3. Karsinoma lobular in situ (LCIS/Lobular carcinoma in situ ): Meskipun disebut karsinoma LCIS, yang terjadi pada sel lobulus penghasil susu, tidak menyerang atau menyebar dan bukan merupakan kanker sejati.

Baca Juga: Healthy Move, 9 Latihan Untuk Mengencangkan Payudara Bagi Wanita

Baca Juga: Jangan Abaikan Bila Suara Serak Mendadak, Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Namun, wanita dengan LCIS memiliki kemungkinan lebih besar terkena kanker payudara invasif di masa depan.