Find Us On Social Media :

Ini Cara Narkoba Merusak Manusia, Jauhi dan Hentikan atau Mati Konyol

Inilah cara kerja narkoba merusak manusia.

GridHEALTH.id - Narkoba adalah zat adikitif yang harus dihindari oleh semua orang, karena sifatnya yang merusak tubuh dan berpotensi menghancurkan hidup seseorang.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk tidak pernah mencoba narkoba agar tidak ketergantungan.

Inilah cara kerja dari narkoba yang dapat merusak manusia.

Narkoba merusak manusia dengan mengubah dan merusak cara kerja tubuh, karena obat adiktif jenis apa pun, dalam dosisi apa pun, dan digunakan untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan besar pada kesehatan fisik manusia.

Beginilah cara narkoba merusak tubuh manusia, yaitu melalui berbagai kerusakan yang dialami oleh berbagai anggota tubuh, antara lain:

1. Otak -  otak akan memerintah kembali hal-hal yang membuat seseorang senang, sehingga kegiatan tersebut dilakukan lagi dan lagi, tidak terkecuali dengan mengkonsumsi narkoba.

Selain karena konsumsi narkoba bisa membuat otak memberikan rangsangan berulang sehingga menjadi kecanduan, narkoba juga dalam penggunaan jangka panjang akan memengaruhi fungsi otak, seperti kehilangan memori, kesulitan belajar, gangguan penilaian, dan berkurangnya kemampuan kognitif yang lain.

Untuk penggunaan ganja, bisa menyebabkan masalah memori jangka pendek dan penurunan IQ dari waktu ke waktu yang significant.

2. Paru-paru - kerusakan paru-paru tidak hanya terjadi pada perokok, orang yang mengkonsumsi narkoba juga memiliki efek yang sama.

Banyak dari jenis narkoba yang memiliki efek merusak paru-paru, bahkan beberapa obat terlarang yang diresepkan, seperti obat penghilang rasa sakit memiliki risiko serius untuk fungsi paru-paru.

Baca Juga: Pengguna Narkoba Bisa Kecanduan Meski Mengonsumsi Sabu Sedikit

3. Hati - kandungan yang terdapat dalam narkoba dan kebiasaan meminum alkohol memiliki pengaruh buruk bagi fungsi kerja hati, karena hati harus bekerja ekstra keras untuk memecah kandungannya.