Find Us On Social Media :

10 Bahan yang Harus Ada di Rumah Untuk Pertolongan Pertama Pada Luka

Pastikan sepuluh bahan alami ini ada di rumah untuk pertolongan pertama luka.

GridHEALTH.id - Menyiapkan cadangan bahan makanan dan bumbu dapur di rumah adalah salah satu langkah yang baik.

Karena hidup tidak ada yang tahu akan seperti apa, begitu pun saat melakukan aktivitas di rumah, entah anak terluka atau jatuh, maka sebaiknya terdapat beberapa bahan alami yang harus ada di rumah.

Bahan-bahan makanan dan bumbu dapur yang biasa dijumpai ternyata bisa menjadi solusi bagi pertolongan pertama saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Inilah 10 bahan yang harus ada di rumah untuk obat pertolongan pertama pada luka:

1. Soda kue - untuk luka sengatan serangga (seperti lebah)

Selama ini fungsi soda kue dikenal sebagai bahan untuk membersihkan, namun nyatanya  soda kue juga membantu menetralkan rasa sengatan dan racun dari lebah.

Perlahan akan mengurangi rasa sakit, gatal, dan bengkak yang muncul setelah disengat lebah.

Penggunaan soda kue ini bisa dengan membuatnya menjadi seperti pasta, melalui campuran soda kue dan ai, lalu oleskan ke daerah sengatan dan tutup dengan perban selama 15 menit, jika masih diperlukan bisa kembali diolesi.

2. Lemon - untuk luka bakar, seperti saat memasak di mana tidak menutup kemungkinan terkena cipratan minyak yang dapat menimbulkan luka bakar.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Membandel

 Cobalah untuk iris lemon dan letakkan pada area yang terkena dan diamkan beberapa saat, maka lemon akan menghentikan sensasi rasa bakar itu.

3. Minyak kelapa - untuk luka goresan