Find Us On Social Media :

BPOM Perluas Usia Pengguna Vaksin PCV13 Pfizer Untuk Pneumokokus

Vaksin PCV13 Pfizer Untuk pneumokokus diizinkan BPOM.

GridHEALTH.id - Penyakit Pneumokokus (Pneumococcal Disease-PD) adalah sekelompok penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae (S. pneumoniae), juga dikenal sebagai pneumokokus.

Pneumokokus dapat menginfeksi orang dari segala usia, termasuk bayi dan anak kecil serta individu dengan kondisi kronis tertentu yang menempatkannya pada resiko yang lebih tinggi.

Mereka yang memiliki kondisi medis tertentu seperti asma dan penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan seseorang, memiliki resiko terkena penyakit pneumokokus. Penyakit Pneumokokus biasanya dikaitkan dengan morbiditas dan mortalitas yang signifikan.

Untuk mencegah berkembangnya virus ini, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan vaksin.

Belum lama ini, PT Pfizer Indonesia mengumumkan bahwa Vaksin Konjugat 13-valensi Pneumokokus telah menerima persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM) untuk indikasi usia pengguna yang diperluas mencakup bayi, anak-anak, dan remaja dari usia 6 minggu hingga 17 tahun serta dewasa berusia 18 – 49 tahun.

Ini merupakan tambahan dari penggunaan vaksin yang telah disetujui untuk mencegah pneumonia bagi anak-anak berusia 6 bulan-5 tahun dan dewasa di atas usia 50 tahun.

Ini menandai penggunaan Vaksin Konjugasi 13-valensi Pneumokokus (PCV 13) dari Pfizer sebagai vaksin pneumokokus pertama yang bisa digunakan untuk semua rentang usia.

“Kami sangat senang dengan persetujuan ini sebagai langkah maju yang signifikan, sebab hal ini melanjutkan misi kami untuk memperluas perlindungan terhadap serotipe bakteri penyebab penyakit untuk membantu mencegah infeksi pernapasan yang berpotensi serius.

Seperti pneumonia pneumokokus di segala usia, dan kami berterima kasih pada BPOM dan semua pihak yang terlibat untuk mewujudkannya secara tepat waktu”, ujar dr. Nora T. Siagian, Country Manager PT Pfizer Indonesia.

Baca Juga: Orang Awam Masih Sering Keliru, Ini Bedanya Bronkitis Dengan Pneumonia

Baca Juga: Healthy Move, 5 Latihan Olahraga Bagi Lansia Agar Tetap Sehat

“Anak-anak dan remaja berusia 6 hingga 17 tahun dengan kondisi medis mendasar memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit pneumokokus.