Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Latihan Olahraga Bagi Lansia Agar Tetap Sehat

Olahraga bagi lansia tetap harus rutin dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

GridHEALTH.id - Rutinitas olahraga harian sangat penting bagi lansia karena dapat meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Meskipun seringkali ada kendala seperti gerakan cenderung melambat dan menjadi lebih menetap seiring bertambahnya usia, terutama setelah 50 tahun.

 Hal ini dapat disebabkan oleh masalah kesehatan seperti radang sendi, osteoporosis, sakit punggung, dan sakit lutut, kelebihan berat badan, penglihatan lemah, atau khawatir akan jatuh.

Tetapi kita tetap perlu mengikuti gaya hidup aktif seiring bertambahnya usia. Diet dan olahraga yang seimbang dapat membantu kita meningkatkan kualitas hidup.

Berikut adalah daftar latihan yang dapat membantu lansia untuk menjaga kesehatan yang baik, seperti disarankan Dr Abhishek Kumar Mishra, Orthopedic Surgeon, dari Apollo Spectra di New Delhi, India.

1. Yoga

Yoga dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Ini adalah bentuk latihan berdampak rendah yang dapat membantu populasi lanjut usia untuk meningkatkan kekuatan otot.

Juga membantu mobilitas, keseimbangan, dan fleksibilitas mereka, yang semuanya penting untuk tetap sehat dan bugar sepanjang hidup.

2. Latihan band resistensi

Baca Juga: Waspadai Depresi di Usia Tua, Ini yang Dapat Kita Lakukan Untuk Lansia

Baca Juga: Alami Radang Tenggorokan? Coba 6 Jenis Teh Ini Untuk Meredakannya

Jika lansia merasa lesu atau monoton dan ingin mencoba jenis latihan baru, maka resistance band bisa menjadi pilihan.