Find Us On Social Media :

Wakil Presiden RI Minta MUI Keluarkan Fatwa Ganja Medis, Apa Saja Manfaatnya?

Penggunaan ganja medis juga memiliki efek samping bagi orang yang menggunakannya.

GridHEALTH.id - Sosok seorang ibu bernama Santi sempat menarik perhatian publik setelah melakukan aksi damai di Car Free Day (CFD) Jakarta.

Dirinya viral lantaran penyanyi Andien Aisyah, mengunggah foto dirinya yang sedang meminta legalisasi ganja medis untuk pengobatan anaknya yang mengidap Cerebral Palsy.

Demi bisa mendapatkan pengobatan yang optimal bagi sang buah hati, Santi rela berjalan kaki dari Bundaran Hotel Indonesia hingga depan Gedung Mahkamah Konstitusi.

Merespon aksi Santi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI), untuk membuat fatwa terkait hal ini.

Menurutnya, dengan adanya fatwa MUI tentang ganja medis, dapat menjadi pedoman bagi anggota DPR untuk mengkaji wacana legalisasi penggunaan ganja untuk obat.

"Saya minta nanti MUI segera membuat fatwanya untuk bisa dipedomani oleh DPR, jangan sampai nanti berlebihan dan juga menimbulkan kemudaratan," ujarnya di Kantor MUI Jakarta, dikutip dari Kompas.com (28/6/2022).

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa MUI sudah terlebih dahulu mengeluarkan aturan penyalahgunaan ganja termasuk hal yang dilarang dalam agama Islam.

Akan tetapi, lembaga tersebut perlu juga mengeluarkan fatwa terbaru. Mengingat adanya wacana untuk melegalisasi ganja medis.

"Masalah kesehatan itu saya kira nanti MUI, pengecualian, MUI harus membuat fatwanya, fatwa baru pembolehannya, artinya ada kriteria," tuturnya.

Baca Juga: Aksi Ibu Perjuangkan Ganja Medis untuk Pengobatan Cerebral Palsy Sang Buah Hati

Apa itu ganja medis?

Dilansir dari Mayo Clinic, ganja medis merupakan istilah yang digunakan untuk turunan dari tanaman Cannabis sativa yang digunakan untuk mengurangi gejala kondisi medis tertentu.