Find Us On Social Media :

Seorang Aktris Bollywood Menderita Prosopagnosia, Tiba-tiba Tidak Mengenali Wajah Teman dan Keluarganya

Prosopagnosia atau face blind, gangguan otak yang sulit mengenali wajah orang lain.

GridHEALTH.id -  Aktris Bollywood dan blogger perjalanan terkenal Shehnaz Treasury didiagnosis menderita Prosopagnosia.

Shehnaz telah terlihat dalam film seperti Ishq Vishk dengan Shahid Kapoor dan Amrita Arora, Radio, Luv ka The End, Aagey Se Right, dan banyak lagi.

Brad Pitt dari Hollywood juga disebut-sebut mengalami penyakit ini. Hanya tidak disebutkan apakah dia mengalaminya sejak kecil atau tidak.

Berbicara tentang Prosopagnosia, disebut juga dengan buta wajah (face blind). Prosopagnosia adalah gangguan otak yang menyebabkan kesulitan dalam mengenali wajah.

Orang dengan kondisi ini mengalami kesulitan mengenali anggota keluarga, dan teman dekat, dan dalam kasus terburuk, mereka mengalami kesulitan mengenali diri mereka sendiri di cermin.

Buta wajah, atau prosopagnosia, adalah gangguan otak. Kelaianan ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengenali atau membedakan wajah.Psychonomic Bullterin & Review menjelaskan saat ini ada sekitar 2% penderita prosopagnosia di dunia.

Biasanya, kelainan ini sudah ada sejak lahir, namun bisa muncul tiba-tiba di kemudian hari dan akan dialami penderitanya seumur hidup.Gejala yang paling umum dari kebutaan wajah atau prosopagnosia adalah ketidakmampuan untuk mengenali atau membedakan wajah seseorang.Hal ini mungkin membuat penderita kesulitan dalam kesehariannya. Karena mereka akan sangat sulit mengidentifikasi wajah seseorang yang jarang sekali ditemui.

Baca Juga: Stroke Mata Bisa Sebabkan Kebutaan, Gejalanya Sering Tak Disadari

Baca Juga: Begini Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Lipatan Lemak di Dagu

Orang dengan prosopagnosia minor mungkin hanya kesulitan membedakan atau mengidentifikasi wajah orang asing atau orang yang tidak mereka kenal dengan baik.Mereka yang mengalami kebutaan wajah sedang hingga parah mungkin kesulitan mengenali wajah orang yang sering mereka lihat, termasuk anggota keluarga dan teman dekat.Sementara penderita prosopagnosia sangat parah, tidak dapat mengenali wajah mereka sendiri. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan sosial atau depresi.Karena sudah diderita sejak lahir, jadi kelainan ini juga dapat dialami oleh anak kita. Berikut gejala yang mungkin terjadi pada anak-anak yang menderita prosopagnosia:

- Tidak merespons sebelum ibunya melambaikan tangan saat menjemputnya di sekolah atau tempat ramai lainnya.

- Sering mendekati orang asing yang mengira bahwa itu adalah ibunya.