Find Us On Social Media :

Inilah 12 Daftar Penyakit yang Sulit Dideteksi oleh Dokter

Inilah 12 daftar penyakit yang sulit dideteksi oleh dokter.

GridHEALTH.id - Penyakit yang telah menimbulkan berbagai gejala akan lebih mudah untuk dideteksi dan ditangani dengan baik, karena dokter dapat dengan mudah mendeteksinya.

Namun, dalam dunia medis juga dikenal beberapa jenis penyakit yang sulit untuk terdeteksi dan didiagnosa oleh dokter.

Beberapa penyebab yang menjadikan penyakit-penyakit ini sulit dideteksi adalah gejalanya yang menyerupai jenis penyakit lain, ataupun presentase langka dari penyakit tersebut yang membuat dokter salah untuk mendiagnosa.

Diagnosis dan deteksi yang terlambat akan berisiko menyebabkan penyakit yang lebih serius, oleh karena itu kenali penyakit apa saja yang sulit untuk dideteksi oleh dokter.

Berikut ini daftar penyakit yang sulit terdeteksi oleh dokter:

1. Emboli paru/Pulmonary embolus - penyakit ini seringkali salah dideteksi dan didiagnosis menjadi penyakit infark miokard atau pneumonia.

2. Fasciitis nekrotikans - merupakan infeksi langka pada kulit dan jaringan subkutan, hingga menyebar sepanjang bidang fascia (bagian dari connective tissue/selaput otot).

Penyakit ini juga terjadi secara tiba-tiba, diawali dengan munculnya selulitas dan perlu segera diobati dengan operasi dan pemberian antibiotik, petunjuk utama berupa rasa nyeri yang tidak sebanding dengan riwayat pemeriksaan.

3. Patologi vaskular di leher - gangguan aliran darah di leher dapat menyebabkan cedera neurologis yang membahayakan, jenis dari gangguan antara lain pembekuan, emboli, trauma, dan diseksi.

Baca Juga: Ngeri, Pria Ini Terinfeksi Penyakit Kelamin Langka Tak Mempan Antibiotik

 Tanda yang muncul pun beragam, bisa biasa saja, menyakitkan, atau menunjukkan gejala neurologis yang tidak jelas.

4. Kompromi sumsum tulang belakang - abses dan pendarahan epidural, iskemia sumsum tulang belakang, dan diskitis.