Find Us On Social Media :

Healthy Move, Aneka Latihan Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Panggul

Nyeri panggul dapat membuat aktivitas terganggu.

GridHEALTH.id - Sekitar setengah dari lansia melaporkan mengalami nyeri panggul, biasanya karena radang sendi.

Namun, orang yang dewasa, bahkan yang lebih muda dapat mengalami nyeri panggul juga, seringkali sebagai akibat dari kelainan bentuk panggul dan posisi duduk yang salah atau terlalu lama duduk,  menurut Dr. Geoffrey Van Thiel, seorang ahli bedah arthroscopic.

Van Thiel yang menjadi salah satu penasihat American Academy of Orthopedic Surgeons mengatakan, sumber umum nyeri panggul adalah bursitis.

Bursitis adalah peradangan pada kantung kecil berisi cairan yang disebut bursae. Kantung ini berfungsi sebagai bantalan antara jaringan lunak dan tulang dalam tubuh dan dapat ditemukan di sekitar banyak sendi, termasuk panggul.

Dalam keadaan normal, bursae melindungi sendi dengan mengurangi gesekan. Namun, ketika kantung bantalan kecil ini meradang, hasilnya bisa sangat menyakitkan. Di bagian panggul, terdapat dua kantung bursa yang berisiko mengalami iritasi. Salah satu kantung bertanggung jawab untuk bantalan trokanter mayor yang lebih besar, yang merupakan titik tulang tulang panggul.

Peradangan bursa ini disebut sebagai bursitis trokanterika. Kantung kedua disebut bursa iliopsoas. Alih-alih terletak di panggul, itu sebenarnya terletak di dalam selangkangan.

Namun, mengingat kesejajarannya yang dekat dengan panggul, hasilnya adalah nyeri panggul yang mirip dengan bursitis trokanterika. Nyeri panggul dapat dengan mudah mengganggu aktivitas. Pencarian untuk mengobati nyeri panggul bisa membuat frustasi, tetapi ada banyak cara untuk mengelola dan bahkan menghilangkan rasa sakit, termasuk latihan khusus.

Baca Juga: Healthy Move, Satu Pose Yoga Untuk Kuatkan Panggul dan Keseimbangan

Baca Juga: Gara-gara Sebuah Merek Es Krim, Amerika Serikat Dilanda Kepanikan Bakteri Listeria, Satu Orang Meninggal

Untuk mengobati nyeri panggul, mungkin tampak aneh untuk fokus pada bagian lain dari tubuh Anda, tetapi mengurangi rasa sakit dari radang kandung lendir panggul dapat dicapai dengan melakukan latihan yang memperkuat kaki.

Latihan-latihan ini mengurangi peradangan bursae dengan menghilangkan tekanan pada sendi panggul.

Dua latihan untuk mengurangi nyeri panggul adalah lateral leg raise dan berbaring leg circle.