Find Us On Social Media :

Gara-gara Sebuah Merek Es Krim, Amerika Serikat Dilanda Kepanikan Bakteri Listeria, Satu Orang Meninggal

Wabah listeria yang muncul di Amerika Serikat dikaitkan penyebabnya adalah es krim.

GridHEALTH.id - Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, Amerika Serikat telah melaporkan wabah infeksi listeria yang telah merenggut nyawa seseorang.

Menyusul wabah yang tiba-tiba, pejabat kesehatan AS telah memperingatkan bahwa penyakit itu sangat menular dan dapat menyebabkan lebih banyak rawat inap dan kematian dalam beberapa hari mendatang, jika tidak dikendalikan sekarang.Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), infeksi terkait dengan merek es krim yang berbasis di Florida, AS bernama Big Olaf Creamery.

Berbicara kepada media, pejabat CDC mengatakan, "Sebagai hasil dari penyelidikan ini, Big Olaf Creamery di Sarasota secara sukarela menghubungi lokasi ritel untuk merekomendasikan agar tidak menjual produk es krim mereka. Konsumen yang memiliki es krim merek Big Olaf Creamery di rumah harus membuang membuang produk yang tersisa.Ini bukan pertama kalinya AS menghadapi wabah listeria. Menurut FDA, wabah listeria di masa lalu di negara itu telah dikaitkan dengan susu dan es krim yang tidak dipasteurisasi, unggas yang kurang matang, dan sayuran mentah.Penyakit listeria adalah penyakit bawaan makanan yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani tepat waktu.

Infeksi ini sangat berbahaya selama kehamilan, menyebabkan kematian janin pada sekitar 20 % kasus. Para ahli juga telah memperingatkan bahwa bakteri dapat bertahan dalam kondisi cuaca ekstrim.

"Bakteri Listeria dapat bertahan hidup dalam pendinginan dan bahkan pembekuan," kata para ahli seperti dikutip dari USA Today (06/07/2022)Para ahli telah memperingatkan bahwa seseorang yang tertular infeksi listeria dapat mengembangkan gejala seperti flu seperti demam, nyeri otot, muntah dan diare. Virus ini terutama masuk ke dalam tubuh seseorang melalui makanan yang terkontaminasi.

Baca Juga: CDC Umumkan Listeria Misterius, Sangat Berisiko pada Ibu Hamil

Baca Juga: Harapan Hidup Setelah Serangan Stroke, Berapa Lama? Ini Kata Pakar

Seseorang yang mengembangkan infeksi listeria dapat merasakan gejala demam, panas dingin, nyeri otot, mual dan diare.

Kadang-kadang infeksi listeria menyebar ke sistem saraf, yang dapat menyebabkan tanda dan gejala seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan atau perubahan kewaspadaan, kehilangan keseimbangan dan kejang.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan orang yang terinfeksi untuk menunjukkan gejalanya? Gejala mungkin mulai beberapa hari setelah seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, tetapi dapat memakan waktu 30 hari atau lebih sebelum tanda dan gejala infeksi pertama dimulai. (*)

Baca Juga: Sering Mengalami Sakit Kepala Konstan Di Malam Hari? Waspadai 7 GejalaTersembunyi Kanker Otak

Baca Juga: 6 Manfaat Seks di Pagi Hari , Tidak Hanya Memberi Kenikmatan Tapi Juga Tubuh yang Sehat