Find Us On Social Media :

Jangan Lakukan Ini Pada Daging Mentah yang Belum Dimasak

Jangan lakukan hal-hal ini pada daging mentah yang belum dimasak.

GridHEALTH.id - Tahukah jika daging mentah yang belum dimasak memiliki teknik tersendiri untuk mengolahnya.

Pengetahuan akan ini diperlukan untuk mencegah terjadinya kemungkinan timbul penyakit akibat mengolah daging mentah yang salah.

Inilah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada daging mentah yang belum dimasak.

Di dalam daging, baik unggas dan ikan, tidak menutup kemungkinan membawa patogen berbahaya, seperti bakteri dan virus yang bisa menyebabkan keracunan makanan, sehingga dianggap sebagai makanan berisiko tinggi.

Jangan Satukan Daging Mentah Dengan yang Lainnya - Salah satu hal yang perlu dihindari adalah menyatukan daging mentah dengan makanan yang lainnya, usahakan daging mentah selalu dipisahkan dengan makanan lainnya.

Termasuk pastikan untuk menggunakan peralatan yang berbeda antara daging mentah yang belum dimasak dan makanan lainnya, seperti penggunaan talenan dan pisau.

Jangan Cuci Daging Mentah - Anggapan bahwa kebersihan didapat dengan mencuci tidak berlaku pada daging mentah yang belum dimasak.

Daging mentah yang belum dimasak juga tidak boleh dicuci karena justru akan meningkatkan kontaminasi silang pada benda-benda atau hal apapun yang dilewati oleh bakteri di dalam daging.

Saat mencucinya, tanpa disadari ada bakteri yang bisa saja menempel pada molekul air, benda-benda yang terkena air, tidak terkecuali pada tangan yang nantinya akan memberikan dampak berkelanjutan.

Baca Juga: Gejala Brucellosis Akibat Infeksi dari Daging Mentah dan Pengobatannya

 Bakteri hanya bisa mati saat dimasak dan bukan dengan mencuci menggunakan air mengalir.

Jika ingin mencuci menggunakan air, alangkah baiknya untuk merendam daging dalam larutan asam seperti cuka atau lemon/nipis, karena studi tambahan menunjukkan adanya pengurangan jumlah bakteri pada daging merah dengan larutan asam ini.