Find Us On Social Media :

Jangan Asal Kasih, Inilah Aturan Pemberian Parasetamol Untuk Anak

Jangan asal kasih, ini aturan pakai parasetamol untuk anak yang wajib diketahui.

GridHEALTH.id - Parasetamol menjadi salah satu obat rumahan yang sering digunakan untuk menghilang rasa sakit dan obat ini juga umum digunakan pada anak.

Beberapa penyakit yang sering dijumpai, seperti sakit perut, kepala, telinga, gejala pilek, hingga penurun demam dirasa ampuh penggunaannya untuk anak.

Namun, dalam pemberian parasetamol untuk anak jangan asal kasih dan ketahuilah aturan pakainya, berikut ini ulasan mengenai parasetamol untuk anak.

Parasetamol untuk anak tersedia di apotek atau toko obat sesuai resep dokter, biasanya dalam bentuk tablet maupun sirup, ada juga yang tersedia dalam bentuk supositoria.

Supositoria merupakan obat yang didorong ke dalam lubang anus anak dengan lembut, biasanya menjadi pilihan untuk anak yang sulit menelan tablet ataupun sirup.

Aturan Pakai

Dalam penggunaan obat jenis apapun khususnya untuk anak, selalu pastikan dan periksa petunjuk pakainya dengan cermat.

Parasetamol sirup sudah bisa diberikan untuk anak usia 2 bulan, sedangkan untuk jenis tablet, termasuk tablet larut baru bisa diberikan kepada anak usia 6 tahun.

Parasetamol jenis supositoria sudah bisa diberikan pada anak mulai usia 3 bulan dan untuk usia di atas 16 tahun sudah bisa menggunakan parasetamol untuk orang dewasa.

Baca Juga: Viral Suster Beri Parasetamol 1000 ml Pada Pasien Cilik, Ibunya Jadi Ngamuk, Ini Gejala Overdosis Parasetamol Pada Anak

 - Dosis sirup bayi di bawah 6 tahun (kandungan parasetamolnya adalah 120mg/5ml):

Untuk usia 3-5 bulan berikan 2,5ml; untuk usia 6-23 bulan berikan 5 ml; untuk usia 2-4 tahun berikan 7,5ml; dan untuk usia 4-6 tahun berikan 10ml.