Find Us On Social Media :

Lebih Dari 6.000 Kasus Cacar Monyet Terjadi di 58 negara, WHO Adakan Pertemuan Darurat, Bakal Jadi Pandemi Berikut?

Kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss. Adakan pertemuan darurat untuk membahas wabah cacar monyet.

GridHEALTH.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan segara akan mengadakan pertemuan komite yang akan memberi saran untuk menyatakan wabah itu sebagai darurat kesehatan global, tingkat kewaspadaan tertinggi WHO, dalam minggu yang dimulai 18 Juli atau lebih cepat

Data terbaru WHO, lebih dari 6.000 kasus cacar monyet dilaporkan dari 58 negara dalam wabah terbaru ini.Dalam rapat sebelumnya yang digelar pada 27 Juni, komite memutuskan cacar monyet sebagai wabah karena kasusnya meningkat baik di Afrika yang menjadi endemik penyakit ini maupun secara global. Namun saat itu wabah ini tidak ditetapkan sebagai darurat kesehatan."Saya terus khawatir dengan skala dan penyebaran virus itu di seluruh dunia, maka pertemuan darurat diadakan untuk segera mengatakan wabah ini perlu ditangani segera dengan lebih serius" kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada konferensi pers virtual dari Jenewa dikutip dari Reuters, Kamis (07/07/2022).

Contohnya, dari Ontario Kanada, semua kasus yang dilaporkan sebanyak 101 kasus, terjadi pada pria berusia antara 20 dan 65 tahun dan gejala yang sering dilaporkan termasuk ruam, lesi oral dan genital, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, demam, menggigil, mialgia, dan kelelahan.

Unit kesehatan masyarakat setempat mengatakan sebagian besar kasus adalah di antara pria yang melaporkan kontak intim dengan pria tetapi mengatakan siapa pun bisa terkena cacar monyet.

WHO meminta kepada seluruh pemangku kesehatan di seluruh negara agar cacar monyet tidak lagi dianggap sebagai penyakit yang biasa. Dokter pun juga diminta agar teliti saat mendiagnosis pasien.

Pasalnya, Pusat Pencegahan dan Penularan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menemukan adanya gejala cacar monyet yang tidak biasa.

Virus monkeypox sama dengan virus yang menyebabkan cacar. Pada awal infeksi, seseorang biasanya akan demam, sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, hingga kelelahan.

Baca Juga: Monkeypox Dinyatakan Sebagai Pandemi Oleh Jaringan Kesehatan Dunia, Memperingatkan Penularannya yang Cepat

Baca Juga: Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Puncak dari Saling Sindir dengan Putri Delina? Tersinggung dengan Perkataan Memang Sering Susah Hilang

Baru setelah itu, muncul ruam yang sangat khas. Awalnya berupa bercak yang berubah warna, timbul benjolan, melepuh, dan akhirnya mirip seperti jerawat besar dengan nanah di dalamnya.

Nantinya, lenting tersebut akan kering dan rontok dengan sendirinya. Ruam cacar monyet umumnya muncul di wajah dan rongga mulut, lalu menyebar ke bagian tubuh lain.

Akan tetapi, gejala yang muncul pada pasien di Amerika Serikat lebih mirip penyakit infeksi menular seksual (IMS).