Find Us On Social Media :

Pernah Membuat Dunia Kalangkabut, Subvarian Omicron BA.2.75 Muncul Kembali

subvarian Omicron BA.2.75 pernah membuat kalangkabut dunia, kini muncul kembali.

GridHEALTH.id - Belum juga tenang masyarakat Indonesia dengan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, diberitakan ada lagi subavrian Omicron baru.

Omicron yang disebut subvarian omicron baru ini, sejatinya sudah lama ada. Tapi sempat hilang dan kembali muncul.

Jadi subvarian Omicron yang baru terdeteksi di India dan membuat heboh dunia kali ini, sebenarnya pendahulu dari subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Subvarian Omicron tersebut adalah BA.2.75.

Asal tahu saja, subvarian omicron BA 2.75 ini disebut-sebut jadi biang kerok dari lonjakan kasus covid-19 di beberapa negara.

Kasus ini muncul di setidaknya lima negara, dengan yang paling diidentifikasi di India. Kasus juga telah ditemukan di Inggris, dengan lima kasus, dan di Jerman, Selandia Baru dan Kanada.Diberi nama omicron BA.2.75, karena merupakan generasi kedua dari varian BA.2 yang menyebabkan gelombang peningkatan pasien di Inggris pada akhir Maret lalu.Kementerian Kesehatan India belum secara resmi mengkonfirmasi deteksi sub varian di negara tersebut.

Sejauh ini 85 sekuens subvarian dari delapan negara, termasuk India telah dilaporkan.

Baca Juga: Jangan Hanya Berpatokan Pada Usia, Lihat Kesiapan Belajar Anak Saat Masuk Sekolah

Berbicara mengenai hal yang sama, Dr. Shay Fleishon dari Laboratorium Virologi Pusat di Pusat Medis Sheba di Tel Hashomer mengatakan, terlalu dini untuk mengatakan apakah BA.2.75 akan menjadi varian dominan berikutnya.

Dia mencatat bahwa sub varian mungkin mengkhawatirkan karena mungkin menyiratkan gelombang baru yang akan datang.

Fleishon menjelaskan belakangan ini telah terjadi tren varian generasi kedua berbasis sub-silsilah Omicron, yakni BA.1, BA.2, BA.3, BA.4, dan BA.5.

Ini didasarkan pada garis keturunan Omicron dengan mutasi di bagian S1 dari protein lonjakan dan secara khusus di bagian protein lonjakan yang digunakan virus untuk terhubung dan masuk ke dalam sel.