Find Us On Social Media :

10 Cara Alami Menekan Nafsu Makan, Tanpa Pil Tanpa Diet Ketat

Minum air sebelum makan, salah satu cara alami menekan nafsu makan.

GridHEALTH.id - Banyak bersliweran di media sosial, produsen pil penekan nafsu makan membuat klaim besar tentang kemampuan pil untuk menekan nafsu makan dan meningkatkan penurunan berat badan.

Namun, efektivitas pil ini tidak diketahui, dan menurut National Institutes of Health (NIH), sering kali ada efek samping yang berbahaya.

Sebaliknya, seseorang dapat menggunakan berbagai metode alami untuk menekan atau kehilangan nafsu makan dengan cara yang sehat dan bebas risiko.

Dikutip dari Medical News Today dan Mind Body Green, ini sepuluh cara alami menekan nafsu makan

1. Makan lebih banyak protein dan lemak sehat

Makan makanan yang kaya protein atau lemak dapat mengurangi rasa lapar dan menekan nafsu makan.

Tidak semua makanan memuaskan rasa lapar secara merata. Dibandingkan dengan karbohidrat, protein dan lemak tertentu lebih efektif untuk memuaskan rasa lapar dan membuat orang merasa kenyang lebih lama.

Seseorang dapat mengganti beberapa sumber karbohidrat dengan protein dan lemak sehat untuk membantu menjaga nafsu makan mereka terkendali.

Ahli gizi merekomendasikan makanan berprotein tinggi berikut yaitu daging tanpa lemak, telur, kacang polong, produk kedelai dan yoghurt Yunani.

Baca Juga: Hilangnya Nafsu Makan dan Demam Pada Lansia Bisa Berarti DBD

Baca Juga: Perencanaan Kehamilan Wanita Penyandang Diabetes, Utamakan Kadar Gula Darah Stabil

Pedoman tersebut juga merekomendasikan agar seseorang mendapatkan lemak sehat dari sumber alami seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, dan minyak zaitun.