Find Us On Social Media :

Hilangnya Nafsu Makan dan Demam Pada Lansia Bisa Berarti DBD

Demam pada lansia, juga hilang nafsu makan dan tampak lemah harus diwaspadai.

GridHEALTH.id Demam berdarah dengue  biasanya bermanifestasi sebagai demam, seperti namanya, tetapi di antara pasien lanjut usia mungkin menyerang dibarengi kehilangan nafsu makan dan kelemahan.

Ketiga gejala itu adalah keluhan paling umum di antara 10 pasien lanjut usia yang didiagnosis menderita demam berdarah di sebuah klinik di Belize, Italia,.

"Begitu saya menyadari bahwa itulah yang terjadi, saya mulai melihat penyakit ini secara berbeda untuk populasi geriatri kami.

Saran saya kepada dokter, ketika menyelidiki demam berdarah pada populasi geriatri, adalah untuk tidak mengesampingkan demam berdarah tanpa adanya demam, terutama pada malam hari. demam," Dr. Ajay Hotchandani, Kepala Dokter di Departemen Geriatri di Klinik Mercy di Belize City, Belize, yang melakukan penelitian, mengatakan kepada Reuters Health (10/03/202).

Saran pengobatannya untuk pasien ini adalah menyajikan minuman olahraga dan makanan berkalori tinggi (tidak ada obat antivirus untuk demam berdarah).

"Kunci pengobatan demam pada lansia adalah kesabaran. Mengganti makanan dengan shake dan sup berkalori tinggi, sesuatu yang dapat dikonsumsi dengan pengeluaran energi minimal, adalah awal yang baik," kata Dr. Hotchandani.

Di daerah tropis di mana demam berdarah endemik, dokter dilatih untuk mencari demam tetapi tidak untuk anoreksia, tulis Dr. Hotchandani dalam makalahnya yang ditulis pada JAMA (03/09/2021)

Anoreksia dan kehilangan nafsu makan bahkan tidak terdaftar sebagai gejala penyakit di beberapa situs web informasi medis utama, termasuk situs web Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Tapi delapan dari 10 pasien lanjut usia Dr. Hotchandani (usia rata-rata, 73,2 tahun) didiagnosis dengan demam berdarah ditandai dengan kehilangan nafsu makan, dan sembilan ditandai dengan kelemahan, menurut laporan tersebut.

Baca Juga: Demam Pada Lansia, Hati-hati Penyakit Alzheimer Bisa Menyamarkan Gejala

Baca Juga: Hidung Tersumbat, Atasi Lewat Pengobatan Rumahan Gunakan Lada Hitam

Penurunan berat badan rata-rata adalah 3 kilogram. Dalam dua kasus yang paling ekstrim, satu pasien kehilangan 10 kilogram dan yang lain melahirkan kehilangan 15 kilogram dalam satu bulan atau kurang