Find Us On Social Media :

Ribuan Ikan Mati di Kali Baru Diduga Kuat Efek Jeroan Hewan Kurban, DLH DKI Lakukan Penelitian

Ribuan ikan mati di Kali Baru, diduga karena efek jeroan hewan kurban, DLH DKI pun lakukan penelitian.

GridHEALTH.id - Kabar terbaru diunggah oleh akun instagram @jakartainformasi dan @jktinfo yang memperlihatkan video ribuan ikan ditemukan mati di Kali Baru, Cililitan, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (11/07/2022).

Ribuan bangkai ikan ini diketahui merupakan jenis ikan sapu-sapu yang mati diduga karena keracunan limbah jeroan hewan kurban.

Mengetahui hal ini, pihak DLH DKI pun mengambil sampel air dan akan melakukan penelitian mengenai matinya ribuan ikan di Kali Baru yang diduga efek dari jeroan hewan kurban.

Kronologi kejadian

Ribuan ikan mati ini ditemukan pertama kali oleh seorang petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Ikhsan Nasution tepatnya di saringan air Cililitan pada pukul 07.00 WIB.

Bangkai dari ribuan ikan yang mati di Kali Baru hanyut terbawa arus sungai.

Diduga bangkai ribuan ikan mati ini disebabkan karena keracunan limbah jeroan hewan kurban, karena ditemukan banyak jeroan mengambang bersamaan dengan ribuan ikan mati.

"Pas kita kerja kita lihat ikan pada 'ngambang' semua berbarengan sama jeroan, jeroan sapi, jeroan kambing,"kata Ikhsan seperti yang dilansir dalam postingan instagram @jktinfo.

Dirinya mengatakan sudah melaporkan temuan ribuan ikan mati di Kali Baru, yang diduga akibat dan efek jeroan hewan kurban ini pada pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga: Hewan Kurban Terindikasi PMK Masih Ditemukan, Ini Cara Memasak yang Benar

 Update terbaru

Berdasarkan update terbaru, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta sudah mengambil uji sampel air Kali Baru untuk mengetahui lebih lanjut apakah ribuan ikan mati ini merupakan efek dari jeroan hewan kurban.