Find Us On Social Media :

Mimpi Gigi Copot ada Hubungannya Dengan Masalah Kesehatan? Yaitu ....

Mimpi gigi copot ada hubungannya dengan masalah kesehatan.

GridHEALTH.id - Mimpi adalah bunga tidur.

Saat seseorang bermimpi dalam tidurnya, justru dirinya harus bersyukur.

Kenapa? Sebab jika kita tidur hingga bisa bermimpi, artinya kita tidur dalam.

Untuk diketahui, melansir jurnal kedokteran Unila, Vol 8, No 2 (2019), Siklus tidur terdiri atas non rapid eye movement (NREM) yang dibagi menjadi tiga tahap (N1, N2, N3); dan rapid eye movement (REM).

Berbagai perubahan fisiologis dan perilaku terjadi selama tidur, perubahan tersebut meliputi sistem pernapasan, kardiovaskular, pencernaan, endokrin, ginjal, seksual serta termoregulasi.

Tahap NREM sering disebut slow wave sleep (SWS) dimana mulai terjadi penurunan tekanan darah, pernapasan menjadi lebih dalam, penurunan tonus otot dan aktivitas gelombang otak serta sekresi berbagai hormon.

Selama tidur NREM tidak ada gerakan mata dan tubuh menjadi tidak bergerak.

Biasanya tidak terdapat mimpi pada tidur NREM namun seringkali terjadi mimpi buruk, sleep walking, dan mengompol pada anak-anak.

Mimpi lebih sering terjadi pada tidur REM dan lebih mudah mengingat mimpi selama tidur REM.

Baca Juga: Gelombang Panas Hantam China Hingga Jalanan Melengkung, Ini Efeknya Bagi Kesehatan

Saat itu tonus otot di seluruh tubuh menjadi sangat berkurang, frekuensi denyut jantung dan pernapasan menjadi tidak teratur, otak menjadi sangat aktif dan metabolisme di seluruh otak meningkat sebanyak 20 persen selama tidur REM.

Jadi tidur REM berperan untuk mengoptimasi kerja hormon pertumbuhan dan memobilisasi fungsi neurohumoral sehingga penting dalam managemen kesehatan.